Resep makanan kucing agar gemuk, sehat, bebas penyakit

Banyak sekali makanan kucing instan yang bisa kita beli di berbagai tempat baik online maupun offline. Kalau Anda memang sudah super sibuk tidak ada salahnya membeli makanan jadi untuk kucing Anda. Tetapi kalau Anda masih ada waktu dan menginginkan kucing Anda gemuk yang sehat dan bebas dari penyakit, ada baiknya Anda meramu sendiri makanan kucing.

Dalam artikel ini akan dibagikan cara-cara membuat makanan untuk kucing agar sehat, gemuk dan bebas penyakit.

Seperti diketahui, makanan kucing banyak dijual di mana-mana. Ada di toko makanan kucing, toko hewan peliharaan atau pasar swalayan. Ada makanan dalam bentuk kering (dry atau di AS sana sering disebut kibble) ada yang basah (wet) dalam bentuk kalengan. Bahkan ada produsen makanan kucing yang menjual makanan mentah beku dan produk premiks untuk catlovers yang ingin memberikan makan mentah untuk kucing kesayangan mereka.

Catatan: Untuk pemahaman lebih jauh soal pemberian makanan kucing, Anda wajib baca artikel “Cara memberi makanan kucing: Panduan lengkap

Hal yang perlu Anda catat adalah bahwa makanan kucing, yakni makanan khusus yang diberikan dan dikonsumsi untuk kucing domestik atau peliharaan haruslah mengandung gizi yang diperlukan oleh kucing. Makanan yang bergizi untuk kucing ini maksudnya adalah makanan yang mengandung cukup vitamin dan asam amino taurin.

Makanan utama yang memiliki kandungan asam amino taurin contohnya adalah daging. Jika kucing Anda kurang mengonsumsi zat taurin dalam jangka waktu panjang, dia bisa menderita degenerasi retina, kehilangan penglihatan dan kerusakan jantung. Dengan demikian dalam membuat resep makanan kucing, baik resep makanan kucing kering maupun basah, Anda harus memperhatikan hal itu.

Inilah sebabnya mengapa makanan untuk anjing yang jelas dibuat dengan kandungan sedikit zat taurin tidak cocok untuk diberikan ke kucing.

Makanan kucing tidak hanya enak untuk si kucing tetapi juga harus sehat menyehatkan (foto: wikipedia.org)
Makanan kucing tidak hanya enak untuk si kucing tetapi juga harus sehat menyehatkan (foto: wikipedia.org)

Baik, sebelum kita membahas soal resep makanan kucing buatan sendiri, ada baiknya kita pahami jenis-jenis makanan kucing terlebih dahulu sebagai pemahaman umum, khususnya penghobi kucing yang masih baru mengenal seluk-beluk dunia kucing.

Jenis-jenis makanan kucing (sumber)

  • Makanan kering
  • Makanan kucing jenis kering
  • Makanan kucing jenis basah
  • Makanan kucing jenis vegetarian

Makanan kering untuk kucing

Makanan kering (mengandung 8-10% air) biasanya dibuat dengan cara ekstrusi daging dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Makanan kering dapat ditambahkan bahan lain seperti lemak makanan dengan cara disemprotkan untuk meningkatkan palatabilitas dan rasa.

makanan kucing jenis kering
Makanan kucing jenis kering

Makanan kucing jenis kering berharga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis makanan kucing lainnya. Kelebihan lainnya dari makanan kering ini adalah makanan ini baik untuk kesehatan gigi dan makanan ini juga tidak mudah rusak dan rasanya dapat bertahan selama beberapa hari, walaupun dibiarkan di dalam mangkuk makanan kucing. Namun, makanan kering yang disemprotkan dengan lemak dapat menyebabkan makanan tersebut menjadi tengik dan akan mengalami oksidasi. Makanan kering tidak seperti makanan kaleng yang mudah rusak dalam beberapa jam. Selain itu, beberapa orang berpendapat bahwa makanan kering dapat membantu kucing untuk mencegah deposito tartar.

Makanan basah untuk kucing

Makanan basah atau makanan kaleng (mengandung 75-78% air) umumnya datang dalam berbagai ukuran kaleng, yaitu 3 ons (85 gram), 5,5 ons (156 gram), dan 13 ons (369 gram). Makanan basah juga dijual dalam bentuk kantong plastik foil dan juga saset. Makanan ini dibuat dari daging berkualitas tinggi. Makanan basah dibuat dengan cara digiling dan dicampur dan kemudian ditumbuk agar menjadi bubur. Makanan basah secara sistematis telah disterilkan dan dipasteurisasi.

Makanan kucing jenis basah
Makanan kucing jenis basah

Kadar air yang tinggi dari makanan ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, namun makanan ini kurang baik bagi kesehatan gigi. Pemilik dan dokter hewan telah merekomendasikan pola makanan yang terdiri dari sebagian besar atau seluruhnya makanan basah. Makanan basah biasanya mengandung sedikit serealia dan karbohidrat. Makanan ini banyak terdapat ikan, yang mengandung banyak asam lemak tak jenuh, dan jika dikonsumsi dapat menyebabkan peradangan pada jaringan adiposa. Dibandingkan dengan makanan kering, makanan basah dapat mengurangi kemungkinan masalah buang air kecil, diabetes, gagal ginjal, sembelit dan obesitas pada kucing.

Makanan vegetarian untuk kucing

makanan kucing jenis vegetarian
Makanan kucing jenis vegetarian

Makanan vegetarian atau makanan vegan tersedia untuk kucing vegetarian. Makanan vegetarian diperkaya dengan berbagai macam nutrisi, seperti taurin dan asam arakidonat, yang menunjukkan bahwa kucing adalah hewan karnivora obligat, yaitu tidak dapat mensintesis bahan makanan dari tumbuhan. Beberapa merek makanan kucing vegetarian telah diberi label dari AAFOO (Association of American Feed Control Officials) oleh produsen mereka, yang berarti makanan tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk profil gizi makanan kucing.

Makanan kucing buatan sendiri

Banyak pemilik hewan peliharaan yang memberikan makanan buatan sendiri untuk hewan peliharaannya. Makanan ini umumnya terdiri dari beberapa bentuk, seperti daging mentah atau sudah dimasak, tulang, sayuran dan suplemen, seperti taurina dan multivitamin.

Nah, berikut ini adalah beberapa resep makanan kucing buatan sendiri agar gemuk sehat bebas penyakit:

Ikan, tempe, campur nasi

Mungkin Anda menganggap ini adalah resep makanan kucing kampung biasa, tetapi jika kucing Anda memang doyan, ya tidak apa-apa. Hanya saja, cek cara pembuatannya dan bahan apa yang perlu dicampurkan.

Campurkan bahan-bahan di bawah ini dan berikan ke kucing:

  • Nasi, yang tidak terlalu lembek, secukupnya (diperkirakan sekali makan habis)
  • Ikan kukus atau rebus atau dibakar secukupnya (sebaiknya tidak digoreng agar tidak menyebabkan kerontokan bulu kucing
  • Tempe (dikukus atau direbus atau dibakar) secukupnya. Tempe berfungsi untuk suplai asupan protein nabati juga untuk mengurangi risiko kucing mencret.
  • Minyak ikan, 2-3 tetes
  • Suplemen/vitamin (cek takaran penggunaan pada kemasan)

Daging rebus campur nasi

Campurkan bahan-bahan di bawah ini dan berikan ke kucing:

  • Nasi, yang tidak terlalu lembek, secukupnya (diperkirakan sekali makan habis)
  • Daging ayam, hati ayam dan jantung ayam direbus (usahakan ayam kampung) secukupnya dan diambil kaldunya.
  • Bahan ayam bisa juga diganti dengan daging sapi dan diolah untuk diambil kaldunya.
  • Suplemen/vitamin (cek takaran penggunaan pada kemasan)

Raw food ayam atau ikan (makanan mentah yang sudah dibersihkan dan dibekukan terlebih dahulu)

  • Cuci bersih potongan ayam/ikan, potong kecil-kecil
  • Kuning telor
  • Vitamin

Campurkan bahan-bahan itu dan dibekukan dalam freezer.

Catatan: Sajikan dalam kondisi hangat atau suhu ruang (jangan beku). Mungkin pada awalnya kucing akan menolak makanan raw food, Anda bisa melatihnya dengan memberikan sedikit raw food supaya kucing bisa mencicip rasanya. Jika tetap tidak mau, Anda bisa menunggunya sampai benar-benar lapar. Saat lapar, kucing akan memakan apapun yang diberikan. Dan akhirnya mereka menjadi terbiasa dengan raw food. Sampai saat ini makanan raw food terbukti yang paling bagus untuk kesehatan kucing dan mencukupi seluruh kebutuhan nutrisinya.

Makanan basah 

  • 1/4 sdt olive oil atau salmon oil
  • 2.7 gram vitamin kucing (contoh: Nutriplus gel)
  • 30 gram kentang dimasak tanpa kulit
  • 50 gram karbohidrat (pilih salah satu: pasta, nasi, oatmeal, kacang polong)
  • 83 gram protein hewan yang sudah dimasak (pilih salah satu: daging ayam, domba, kelinci, babi, tuna, salmon)

Campur semua bahan bersama-sama, dapat juga dicampur menggunakan blender dan makanan ini bisa disimpan didalam kulkas sebelum kucing lapar.

Burger Tuna 

  • 1 kaleng tuna (tanpa garam)
  • 1/2 cangkir nasi
  • 1/4 cangkir hati rebus yang sudah dihancurkan
  • 2-3 batang parsley cincang

Keluarkan semua tuna tanpa airnya, keringkan. Campur semua bahan, kemudian buat 6-7 bola dari bahan yang sudah dicampurkan itu. Simpan didalam kulkas dan berikan ketika Si Puss lapar. Burger tuna ini juga bisa menjadi treats yang enak untuk Si Puss.

Treats rasa tongkol

  • 1 kaleng tongkol, atau sekitar 200-250 gram daging ikan tongkol murni, rebus.
  • 2 sdm wortel parut
  • 1/3 cangkir oatmeal yang sudah dimasak

Campurkan semua bahan-bahan diatas ke dalam sebuah mangkuk. Hancurkan semuanya dan sajikan. Simpan makanan sisa didalam kulkas dan buang setelah 3 hari.

Nah begitu sobat, begitulah resep makanan kucing homemade alias buatan sendiri yang bisa Anda berikan untuk beragam kucing peliharaan, baik itu kucing kampung, kucing persia, kucing masih anak (kitten), dewasa agar kucing gemuk sehat dan menyenangkan.

Sumber & referensi: wikipedia.orgmeowmagz.com dan kucingvibe.com

Jangan lupa baca bagian lain artikel ini, yaitu “Cara memberi makanan kucing: Panduan lengkap

4 Comments

  1. artikel y bagus.. trz ngebantu banget buat catlover yg baru punya kucing persia himalaya kaya sy, semoga pembaca yg lain bisa trbantu jg y sma artikel ini tq, buat berbagi informasi y.. 😊

  2. “Makanan kering dapat ditambahkan bahan lain seperti lemak makanan dengan cara disemprotkan untuk meningkatkan palatabilitas dan rasa”..contoh lemak semprot gimana ya ?? soalnya mau nyobain

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Resep membuat makanan kucing anggora – KLINIK KUCING
  2. Kucing mogok makan, ini penyebab dan cara membuat agar kucing mau makan – KLINIK KUCING

Tinggalkan Balasan