Resep membuat makanan kucing anggora

Resep membuat makanan kucing anggora berbeda dengan resep makanan kucing lainnya bukan tanpa sebab. Seperti kita tahu,  kucing anggora memiliki kekhasan pada bulunya yang halus dan panjang. Dengan demikian pembuatan makanan kucing anggora lebih dikhususkan untuk mempercantik bulu dan membuat bulu kucing lebih kuat tidak mudah rontok.

Jika Anda mencari resep membuat makanan kucing anggora yang murah, bukannya tidak ada, tetapi Anda perlu berhati-hati jangan sampai karena hanya untuk mendapatkan harga murah, lalu sembarangan menentukan komposisi bahan dan kandungan gizinya. Jika salah dalam memilihkan makanan untuk kucing anggora bisa-bisa bulunya rontok beguguran.

resep cara membuat makanan kucing anggora yang murah

Selain disebabkan makanan, bulu rontok pada kucing bisa disebabkan beberapa hal, misalnya masalah usia. Bila kucing memasuki masa tua atau di atas 3 tahunan, maka kerontokan bulu akan terlihat nyata. Kondisi ini wajar saja. Cukup berikan tambahan asupan vitamin yang seimbang lebih dari kucing muda sehingga bulunya cepat kembali dan tumbuh normal seperti sedia kala.

Alergi juga bisa menyebabkan kerontokan bulu pada kucing, tak terkecuali kucing anggora.

Dan hal utama penyebab kerontokan bulu adalah kondisi kekurangan gizi dan vitamin. Vitamin E misalnya, adalah vitamin yang berperan penting dalam pembentukan bulu. Bila kurang, maka bulu kucing kita menjadi tidak bagus.

Oke sobat, lantas bagaimana dengan kandungan makanan kucing anggora yang seharusnya?

Intinya, ketika Anda membuat makanan kucing anggora bikinan rumah yang murah ataupun mahal, pastikan ada mengandung mengandung protein, asam lemak, vitamin dan asam amino. Asupan-asupan tersebut paling banyak dikandung di dalam ikan atau daging. Bisa itu ikan air tawar, air laut, daging kambing, ayam, sapi atau juga daging kerbau. Daging memiliki kandungan asam amino, taurin dan argirin yang bagus untuk kesehatan kucing anggora khususnya menjaga kesehatan bulu.

Untuk komposisi makanan kucing bikinan sendiri atau rumahan, silakan cek lagi artikel sebelumnya ya, yakni Resep makanan kucing agar gemuk, sehat, bebas penyakit.

Artinya, untuk membuat  makanan kucing anggora Anda bisa menambahkan porsi makanan daging-dagingan atau ikan-ikanan.  Nah bagaimana kalau menentukan pakan kucing anggora yang beredar di pasaran? Pastikan saja Anda meneliti kandungan nutrisi di dalamnya dengan melihat tabel nutrisi yang tertera di kemasan. Bandingkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Anda bisa mengecek beberapa hal, antara lain:

  • Kandungan proteinnya. Minimal kandungan protein 25%. Semakin tinggi kandunganya semakin baik.
  • Mengandung taurin
  • Kandungan yang rendah pada lemak, pH, dan kadar magnesium
  • Mengandung asam arakidonat /arachidonic acid
  • Mengandung vitamin dan mineral (Vit A, B12, Niacin, Thiamin)

Selanjutnya perlu dicatat untuk cara pemberian pakan untuk kucing anggora.

Untuk anak kucing  atau kitten dengan umur (3-4 minggu – usia umum kucing mulai diberi makanan buatan manusia) sampai dengan umur 1 tahun, harus disediakan makanan basah dengan bantuan manusia. Anda harus menyuapi dengan pipet secara sabar dan tekun. Jika makanan asal adalah makanan kering, maka pakan perlu direndam dengan air hangat agar lembut. Semakin kucing berumur (masuk usia 2 atau 3 bulan), kurangilah kandungan air dalam adonan makanan kucing sampai nantinya kucing bisa makan makanan kering sepenuhnya.

Untuk pemberian makan kucing dewasa atau di atas setahun, harus disesuaikan dengan kebutuhan asupan kalori. Untuk kucing anggora dengan berat badan 4 – 5 kg, diperlukan asupan 300 kalori setiap hari.  Gunakan makanan kucing dari merk komersial yang seimbang dan komplet (bertuliskan balanced / complete).

Untuk kucing yang sedang hamil atau menyusui, perlu diberikan makanan dengan kandungan protein lebih tinggi dari biasanya. Protein diperlukan untuk memperkuat janin dan untuk kesehatan kuncing induk. Nah, setelah kucing melahirkan dan perlu menyusui anak, berikan makanan kitten agar induk mengonsumsi pakan dengan kandungan protein tinggi. Tambahkan juga bila perlu suplemen kalsium untuk kucing, khusus untuk kucing sedang menyusui.

Seberapa banyak pemberian makanan kucing anggora?

Seperti disebutkan sebelumnya, kucing dengan berat sekitar 5 kg memerlukan asupan 300 kalori tiap hari. Anda bisa mengecek kandungan kalori pada kemasan makanan. Tentukan jumlah makanan agar mencukupi kebutuhan kalori selama satu hari, kemudian bagi jumlah tersebut sesuai dengan frekuensi pemberian makan (2 atau 3 kali sehari). Contoh penerapannya adalah sebagai berikut :

Jumlah makanan dihitung dari berat kucing. Bila setiap hari kucing makan sekitar 2 % dari berat badannya dan berat kucing tersebut adalah 5 kg, maka makanan yang diperlukan sekitar 2 % x 5 Kg atau sekitar 100 gr /hari.

Cara pemberian pakan kucing anggora

a.  Selalu tersedia makanan dalam piring  atau tempat makan kucing

Cara ini memberi kebebasan pada kucing untuk makan ketika merasa lapar. Cara ini pas untuk kitten alias kucing usia bawah satu tahun. Kitten memerlukan asupan protein tinggi demi pertumbuhan.

b. Pola makan teratur

Pemberian pakan secara teratur dengan porsi terukur biasanya dilakukan untuk kucing anggora usia di atas 1 tahun. Anda bisa memberinya pakan 2 – 3 kali sahari, misalnya pagi, siang dan sore.

Untuk penutup artikel resep membuat makanan kucing anggora ini perlu ditekankan perlunya pemberian minuman. Jangan sampai lupa. Kita harus memberi minuman untuk kucing anggora. Sediakan minum di dekat kandang kucing agar kucing bisa meraihnya setiap merasa kehausan.

Demikianlah serba-serbi resep membuat makanan kucing anggora dan cara pemberiannya. Semoga bermanfaat. (Referensi: satwapedia.com, wikipedia.com)

Resep membuat makanan kucing anggora | Lidya Pratiwi | 4.5