Kucing mogok makan, ini penyebab dan cara membuat agar kucing mau makan

Kucing mogok makan, ini penyebab dan cara membuat agar kucing mau makan – Jika kucing Anda tidak mau makan, sudah seharusnya kita mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya agar kucing mau makan seperti sediakala. Dalam artikel inilah akan kita ulas beberapa penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan.

Persoalan kucing tidak mau makan biasanya terjadi pada kitten atau kucing anak dan umumnya juga disebabkan oleh adanya penyakit yang menderanya.

Hal utama yang perlu dicatat adalah jika kucing tidak mau makan sudah berjalan selama sehari meski berbagai upaya sudah kita lakukan, segeralah dicarikan pertolongan darurat ke dokter hewan.

Baik, sekarang kita bahas dulu beberapa penyebab kucing tidak mau makan. Umumnya, kucing tidak mau makan dikarenakan hal-hal sebagai berikut:

1. Variasi makanan terbatas

Jika makanan kucing itu-itu saja, maka kucing bisa menjadi bosan. Ya seperti kita juga, kucing perlu mendapatkan makanan yang variatif. Cek lagi coba beberapa resep membuat makanan kucing sendiri yang pernah kita ulas sebelumnya.

2. Kucing sakit

Sama juga seperti kita, kalau pas sakit tentu makan pun merasa tidak enak. Bukan hanya tidak  enak, bahkan untuk memasukkan ke mulut saja sudah enggan. Apalagi jika yang sakit di bagian mulut.

Kucing juga bisa kena penyakit seperti kita kok. Misalnya beberapa penyakit pada bagian mulut, seperti gusi bengkak, gigi berlubang, sariawan, atau malah juga gusi berdarah.

Kucing pun juga mengalami gangguan pada pernafasan yang menyebabkan dia tidak mau makan dengan lahap.

3. Sistem pencernaan kucing bermasalah

Manusia stres ada. Kucing stres pun juga ada. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Misalnya dipisahkan dari induk, berpisah dari kucing lain yang biasa diajak bermain dll. Stres bisa mengganggu metabolisme tubuh. Pada akhirnya, hal itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Jika berlarut-larut, hal itu bisa menyebabkan peradangan pada bagian membran pelapis usus besar.

Pencernaan bermasalah bisa juga dikarenakan masuknya benda asing ke perut kucing. Bisa duri ikan, bulu si kucing sendiri atau benda asing lainnya

Bagaimana cara agar kucing mau makan?

Nah kalau sudah paham beberapa penyebab kucing tidak mau makan, tentunya ya menghilangkan penyebabnya itu. Misalnya saja:

penyebab kucing tidak mau makan dan cara membuat agar kucing mau makan

1. Bikin makanan kucing secara variatif

Kalau Anda terbiasa memberikan makanan kering atau dry food yang biasanya memang berbau tajam dan menyebabkan kucing enggan memakannya, cobalah divariasi dengan mencampurkan makanan basah. Di pasaran banyak makanan basah kalengan khusus untuk kucing.

Anda juga bisa hanya mengganti makanan anak kucing merk lain. Sering kok kucing yang sakit tidak suka makan makanan yang biasanya. Mengatasinya kadang cukup hanya diberikan sesuatu yang berbeda agar mereka lebih tertarik untuk makan. Ya tadi itu, misalnya dengan mengganti merek atau rasa makanan.

Untuk membuat makanan yang berbeda, Anda bisa juga membuat makanan bentuk atau jenis lain misalnya makanan yang lebih mudah dimakan, misalnya:

  • Makanan kucing dengan kuah kental
  • Makanan kemasan untuk bayi dengan rasa ayam
  • Ayam rebus
  • Nasi tanpa bumbu

Hanya perlu diperhatikan bahwa makanan basah tidak untuk diberikan secara rutin harian. Sebab, meski bisa merangsang nafsu makan kucing, makanan basah bisa berdampak negatif seperti terbentuknya karang dan flek berlebih pada gigi kucing.

2. Ubah cara pemberian pakan

Cobalah Anda memberikan makanan dalam jumlah sedikit-sedikit tapi sering. Misalnya, Anda bisa menawarkan sedikit makanan setiap satu atau dua jam sekali. Perlu diingat pula bahwa dalam kasus anak kucing yang masih sangat kecil, Anda harus membangunkannya untuk diberi makan lebih sering.

3. Carilah makanan penyembuhan untuk kucing sakit pada dokter

Makanan penyembuhan dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan hewan yang sakit, yang tidak mau makan dengan baik. Makanan ini sangat padat nutrisi. Dengan demikkian anak kucing dengan berat 1 kg bisa menerima kebutuhan kalori harian dari sekitar sepertiga isi kaleng saja.

Dua jenis makanan yang paling banyak tersedia adalah Hills AD (sesuai untuk kucing dan anjing), dan Royal Canin Feline Convalescent Diet. Makanan-makanan yang sangat mudah diterima ini mengandung:

  • Protein, yang merupakan elemen penting untuk memperbaiki jaringan tubuh dan memperkuat sistem imun
  • Lemak dan karbohidrat, yang menyediakan energi metabolik untuk anak kucing untuk menjalankan organ tubuh dan melawan infeksi
  • Zink dan potasium, yang membantu penyembuhan luka
  • Vitamin E dan C, serta taurina yang memiliki khasiat antioksidan untuk membantu mendetoksifikasi tubuh, dan juga memperkuat sistem imun

4. Cobalah memanaskan makanan

Jika kucing Anda mengalami hidung tersumbat, maka ia akan berhenti makan. Hal itu bisa karena dia tidak bisa mencium makanan dan/atau sulit makan dengan hidung tersumbat. Dalam kaitan inilah Anda perlu mencoba untuk memanaskan makanan sebentar. Bisa dengan microwave bisa juga dengan memasukkan pakan yang diplastiki ke air mendidih.

Kalau makanan panas, aromanya akan keluar dan bisa merangsang nafsu makan kucing untuk memakannya.

Kalau kucing Anda memang tersumbat, jangan lupa untuk membersihkan hidungnya yang tersumbat dengan obat tetes hidung.

5. Beri makan kucing dengan jari

Jika kucing Anda susah makan, Anda bisa mencoba memberikan makanan dengan jari. Letakkan sedikit makanan pada jari dan arahkan ke mulut kucing. Jangan mendorong jari masuk ke dalam mulut kucing karena bisa menyakitinya. Biarkan ia menjilati makanan.

6. Beri makan kucing dengan alat suntik atau tube feeding

Kalau usaha menyuapi kucing dengan jari tidak berhasil, Anda bisa memberikan makanan dengan tube feeding atau alat suntik yang pada bagian jarum sudah diganti dengan selang kecil atau karet pentil. Nah isilah tabung dengan makanan cair. Pegangi kucing dengan lembut dan masukkan selang ke dalam mulutnya dengan arah membelok.

Pastikan Anda tidak memasukkan selang dengan arah lurus ke dalam mulutnya karena akan membuat makanan langsung masuk ke tenggorokan kucing yang bisa menyebabkan kucing tersedak. Posisikan selang ke arah kanan atau kiri dan masukkan sedikit makanan ke bagian belakang lidah kucing.

Kucing itu akan menelan makanan yang berada di bagian belakang lidah.

Lakukan hal itu secara berulang sampai Anda memperkirakan kucing sudah mendapatkan cukup makanan.

Itulah kawan artikel mengenai penyebab kucing tidak mau makan dan bagaimana cara membuat kucing agar mau makan. Semoga bermanfaat. (Referensi: wikipedia.org/wikihow.com)

Kucing mogok makan, ini penyebab dan cara membuat agar kucing mau makan | Lidya Pratiwi | 4.5