10 Makanan Pantangan Kucing Persia yang Harus Dihindari

Makanan pantangan kucing persia – Kucing persia adalah kucing yang banyak diminati oleh pecinta kucing. Hal itu dikarenakan makanan adalah faktor yang penting untuk tumbuh dan kembang kucing. Makanan yang sehat, pola makan yang baik dan teratur, perawatan kesehatan yang baik dan selalu rutin mengontrolkannya ke klinik kesehatan hewan bisa menyebabkan kucing menjadi sehat dan memiliki penampilan yang baik. Oleh sebab itu berikanlah makanan terbaik untuk kucing Anda dan yang sesuai dengan kebutuhan. Ada kucing persia yang cocok dengan makanan A namun ada juga yang tidak cocok dengan makanan tersebut. Selain memberikan makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya Anda menghindari makanan pantangan kucing persia. Berikut ini adalah pantangan makanannya:

Kafein

kafein
kafein

Kafein tidak hanya ada pada makanan saja namun kafein juga terdapat makanan yang bahan dasarnya terbuat dari kopi. Selain menghindari sumber kafeinnya secara langsung, Anda juga harus menghindari makanan yang terbuat dengan kafein misalnya saja adalah cake atau kue dengan bahan dasar kopi, biskuit dan lain sebagainya. Kafein ini berbahaya bagi kucing dikarenakan bisa membuat sistem pencernaan menjadi terganggu. Tidak hanya itu saja kafein tidak bagus untuk kesehatan kulit kucing dikarenakan membuat kucing menjadi dehidrasi. Minuman yang tepat diberikan kepada kucing hanyalah susu, karena susu lah yang memiliki nutrisi lengkap untuk kesehatan kucing.

Susu Biasa

susu biasa
susu biasa

Jika Anda ingin memberikan susu kepada kucing Anda sebaiknya Anda harus pilih-pilih susu yang tepat bagi kucing Anda. Jangan memberikan susu biasa yang tidak dikhususkan untuk kucing. Kucing akan mudah sekali terkena laktosa susu tersebut terutama kucing yang alergi dengan laktosa. Pilihlah susu yang memang dikhususkan untuk kucing. Susu khusus kucing memiliki formula yang memang cocok untuk kucing sehingga saluran pencernaan kucing bisa menerimanya. Susu biasa bisa menyebabkan kucing menjadi diare dan mual. Hindari pula makanan yang bahan dasarnya mengandung susu seperti keju, sebab kucing bisa terkena diare ketika mengonsumsinya.

Anda Mungkin Ingin Membaca Ini :  Cara Mengobati Kucing yang Digigit Anjing

Telur Mentah

telur mentah
telur mentah

Salah satu makanan pantangan kucing persia adalah telur mentah. Tidak hanya untuk kucing saja, namun manusia pun tidak disarankan untuk mengonsumsi telur mentah ini dikarenakan mengandung bakteri salmonella. Bakteri salmonella adalah bakteri yang bisa menyerang sistem pencernaan sehingga kucing yang sudah terinfeksi dengan bakteri tersebut bisa terkena diare akut. Selain mengandung bakteri salmonella, telur mentah mengandung senyawa avidin yang melekat pada bagian putih telur. Senyawa tersebut bisa menyebabkan penyerapan vitamin B pada tubuh kucing menjadi tidak maksimal, padahal vitamin B tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan kucing.

Buah Kismis

Pasti pernah terpikir di pikiran Anda untuk memberikan makanan yang seimbang untuk kucing Anda, namun  pernahkah terpikirkan di benak Anda bahwa ada buah dan makanan yang dilarang untuk diberikan ke kucing. Salah satu makanan yang dilarang untuk diberikan ke kucing tersebut adalah buah kismis. Biasanya buah kismis ini dijadikan sebagai penghias kue namun berbahaya jika diberikan kepada kucing. Buah kismis yang diberikan kepada kucing secara langsung akan menyebabkan  kucing mengalami mencret atau diare, nafsu makan menjadi menurun dan yang terakhir adalah menyebabkan gagal ginjal.

Loading...

Cokelat

coklat
coklat

Rasanya yang enak membuat siapa pun menyukai cokelat ini. Bagi manusia cokelat ini bisa menghilangkan stres namun jika diberikan kepada kucing persia akibatnya justru akan fatal. Ketika Anda sedang mengonsumsi cokelat jangan pernah membaginya ke kucing peliharaan Anda sebab kucing persia yang mengonsumsinya akan terkena muntah, diare, dehidrasi, demam, denyut jantung tidak teratur, kejang dan masih banyak lagi lainnya. Yang enak bagi manusia belum tentu enak bagi kucing.

Anggur

Anggur adalah buah yang menyegarkan. Kandungan airnya yang tinggi membuat anggur bisa mencegah dehidrasi. Sayangnya anggur berbahaya bagi kucing persia. 24 jam setelah mengonsumsinya kucing persia bisa terkena gagal ginjal. Efek lainnya adalah buang air kecil, muntah, lesu dan juga diare.

Anda Mungkin Ingin Membaca Ini :  5 Cara Mengobati Kucing Demam Dengan Mudah

Bawang

bawang
bawang

Bawang adalah bumbu masakan yang penting karena bisa menyedapkan rasa masakan. Sayangnya bawang ini kurang bagus untuk kesehatan kucing persia yang Anda pelihara. Kandungan kimia pada bawang bisa menyebabkan sel darah merah menjadi rusak. Tidak hanya berbahaya bagi kucing saja, namun anjing juga tidak diperbolehkan mengonsumsi bawang ini. Jika memang Anda ingin memberikan bawang kepada kucing persia Anda sebaiknya memberikan bubur bayi sebelumnya. Bubur bayi tersebut bisa mencegah efek buruk dari bawang terhadap kesehatan kucing.

Tomat Hijau

Makanan pantangan kucing persia selanjutnya adalah tomat hijau. Tomat hijau merupakan buah dan sayur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Rasanya yang asam dan menyegarkan membuat semua orang suka mengonsumsinya. Hindari juga makanan olahan yang terbuat dari tomat hijau.

Alpukat

Alpukat untuk kucing
Alpukat untuk kucing

Makanan yang tidak boleh diberikan kepada kucing persia adalah alpukat. Bagi sebagian orang buah alpukat ini terasa menyegarkan dan mengenyangkan, namun buah ini tidak baik dikonsumsi oleh kucing. Kucing yang mengonsumsi alpukat rentan terkena kerusakan otot jantung. Hal itu dikarenakan alpukat mengandung zat persin yang mengandung racun untuk kucing dan binatang lainnya.

Nasi

Ada pecinta kucing yang suka memberikan nasi untuk kucingnya, padahal nasi adalah makanan manusia bukan makanan kucing. Hal itu dikarenakan nasi mengandung karbohidrat yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh saluran pencernaan kucing sehingga nantinya bisa menyebabkan radang usus, gangguan pencernaan dan gagal ginjal.

Bagi pecinta kucing khususnya jenis persia mulai sekarang harus lebih selektif dalam memberikan makanan. Hindari makanan pantangan kucing persia yang telah disebutkan di atas agar kesehatan dan kecantikan kucing lebih terjaga.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.