11 Cara Membantu Kucing Adaptasi Paling Efektif

Cara membantu kucing adaptasi – Ketika Anda membeli kucing pernahkah Anda berpikiran jika kucing Anda membutuhkan penyesuaian dengan lingkungannya yang baru?,. Penyesuaian ini sangat penting dan tidak boleh diremehkan. Ketika kucing sudah kucing terbiasa dengan lingkungan lamanya kemudian dia harus dihadapkan pada situasi yang baru tentu hal tersebut menjadi masa-masa yang sulit untuknya. Oleh sebab itu agar membuat menjadi nyaman, bantulah kucing tersebut untuk adaptasi. Sama dengan manusia, ada yang mudah beradaptasi namun ada juga yang tidak mudah beradaptasi. Yang tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru tentu akan menjadi tertekan dan stress. Jika sudah stress dibutuhkan penanganan khusus dibutuhkan agar kucing menjadi sehat kembali. Simak cara membantu kucing adaptasi berikut ini:

Petcargo atau Box Tertutup

petcargo
petcargo

Cara membantu kucing adaptasi yang pertama adalah dengan meletakkannya pada petcargo atau box yang tertutup. Hal tersebut bermanfaat untuk membuat kucing menjadi nyaman dalam perjalanan. Jika kucing tidak nyaman di dalam perjalanan nantinya kucing tersebut akan menjadi stress. Guncangan yang dialami selama perjalanan pun bisa membuat kucing menjadi trauma. Berulah udara segar pada kucing dan tengoklah sesering mungkin. Ketika Anda membawa kucing dengan mobil jangan menyalakan musik yang terlalu keras dikarenakan akan membuat kucing menjadi kaget. Kucing juga ada yang tidak menyukai kebisingan sehingga akan merasa terganggu ketika mendengar music yang berdentum keras.

Ruang Isolasi

ruang isolasi kucing
ruang isolasi kucing

Cara membantu kucing adaptasi selanjutnya adalah menggunakan ruang isolasi. Ketika sampai di rumah, Anda bisa langsung meletakkan kucing tersebut di ruang isolasi. Jangan langsung meletakkannya di kandang kucing sebab masih butuh penyesuaian. Biarkanlah kucing tersebut berada di sana sampai kucing tersebut mau keluar dari ruang isolasi sendiri tanpa paksaan dari Anda. Jika kucing tidak mau keluar dari ruang isolasi itu tandanya kucing belum mau beradaptasi dengan lingkungan barunya. Anda harus bersabar sampai kucing tersebut mau beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Petcargo Terbuka

pet cargo kucing terbuka
pet cargo kucing terbuka

Untuk membantu kucing adaptasi bisa Anda lakukan dengan cara membuka petcargo yang digunakannya selama perjalanan tersebut. Ketika sampai di rumah Anda bisa membiarkan petcargo tersebut terbuka dan biarkan kucing keluar dengan sendirinya. Jika Anda memaksanya untuk keluar itu tandanya Anda memaksanya untuk beradaptasi. Biarkanlah kucing tersebut bisa beradaptasi dengan sendirinya.

Hindarkan dari Hewan Lain

hindarkan dari hewan lain
hindarkan dari hewan lain

Jika belum bisa beradaptasi dengan lingkungannya yang baru, jangan pernah dekatkan kucing dengan binatang yang lainnya. Mendekatkan kucing dengan binatang yang lainnya bisa menyebabkan adaptasi kucing menjadi terganggu. Kucing juga mudah stress jika di sekitarnya ada binatang yang bisa mengganggu kenyamanan dan juga keselamatan dirinya. Kucing membenci anjing dan ular. Kedua hewan tersebut tidak bisa berteman dengan kucing sehingga jangan heran jika kucing menjadi stress dan agresif ketika dua hewan tersebut ada di dalam rumah.

Jangan Langsung Memberikan Makanan

Untuk bisa membantunya adaptasi jangan langsung memberikannya makanan. Makanan pada kucing justru akan membuat kucing menjadi stress dan agresif. Biarkanlah kucing mengetahui lingkungannya yang baru terlebih dahulu. Jika sudah sedikit bisa beradaptasi mulailah untuk memberikannya makanan. Minimal Anda baru bisa memberikannya makanan 1 jam setelah kucing Anda berada di dalam rumah yang baru.

Membelai Kucing

membelai kucing
membelai kucing

Agar kucing merasa tidak sendirian ketika di lingkungan yang baru tersebut, Anda bisa membelai kucing itu. Membelai kucing akan menyalurkan rasa sayang Anda kepada kucing. Kucing menyukai belaian dan sentuhan yang lembut. Belailah bulu kucing dengan lembut dan penuh dengan kasih sayang. Lakukanlah hal tersebut setiap hari, jangan tinggalkan kucing Anda setelah sampai di rumah namun sempatkanlah untuk membelainya dengan lembut.

Mengelilingi Ruangan Rumah

Cara agar kucing Anda menjadi mudah adaptasi dengan rumah barunya adalah biarkan kucing Anda tersebut mengelilingi lingkungan rumah barunya. Kucing akan mengenal lingkungan barunya dalam waktu satu sampai dengan dua minggu. Jika ada hewan lain yang ada di dalam lingkungan barunya kucing membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beradaptasi seperti anjing, ular dan binatang lainnya.

Biarkan Kucing Sendirian

Agar bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya Anda bisa membiarkan kucing Anda tersebut sendirian berada di dalam rumah Anda. Tinggalkan selama satu jam sampai dengan dua jam di dalam rumah agar kucing bisa mengenali lingkungannya dengan baik.

Jenis Kucing

Jika Anda memelihara kucing jantan maka adaptasi tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Berbeda dengan kucing betina dimana waktu adaptasinya dibutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kucing jantan. Hal itu dikarenakan kucing betina membutuhkan kenyamanan dan ketenangan agar dia bisa teratasi dengan baik.

Peralatan Lama

Ketika Anda mengadopsi kucing dari orang lain, ada baiknya jika Anda juga meminta peralatan lamanya. Misalnya saja adalah tempat makan, minum dan bak pasir yang biasa digunakan untuk buang air. Kucing akan mengenali peralatan lamanya tersebut dibandingkan dengan peralatan yang baru. Jika Anda membawa peralatan lama kucing maka kucing akan mudah mengenali mana tempat untuk makan, minum dan buang air. Ketika kucing tidak mengenali tempat barunya maka kucing akan kelaparan dan yang lebih parah adalah kucing akan mudah buang air sembarangan.

Jalan-jalan

Cara membantu kucing beradaptasi selanjutnya adalah dengan mengajak kucing Anda jalan-jalan di sekitar rumah. Anda bisa mengalungkan tali pada lehernya agar kucing tidak lari. Anda bisa melihat bagaimana kucing Anda merespons terhadap lingkungan barunya.

jalan jalan dengan kucing
jalan jalan dengan kucing

Demikianlah beberapa cara membantu kucing adaptasi yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan