11 Cara Menjinakkan Kucing Liar Paling Berhasil

Cara menjinakkan kucing liar – Kucing liar adalah kucing yang sudah lama hidup di jalanan atau hidup di luar rumah dan tanpa pemilik. Karena sudah terbiasa survive di luar rumah dan tidak mengandalkan manusia kucing ini menjadi lebih liar dan garang dibandingkan dengan kucing rumahan yang sudah memiliki majikan.

Berbeda dengan kucing yang memiliki majikan yang mana setiap harinya kucing tersebut sudah mendapatkan jaminan makan, minum dan tempat tinggal. Sedangkan kucing liar harus mencari makanannya sendiri dengan cara berburu. Jika Anda ingin memelihara kucing liar ini ada trik dan tips yang harus Anda lakukan. Hal itu dikarenakan penjinakan kucing liar ini lebih susah di jinakan dibandingkan dengan kucing lainnya. Simak cara menjinakkan kucing liar berikut ini:

Ruangan yang Tertutup

ruangan tertutup
ruangan tertutup

Jika Anda ingin menjinakkan kucing liar dan berniat membawanya ke rumah, Anda harus extra waspada sebab kucing ini rentan untuk mencakar dan menggigit Anda. Pastikan pula jika kucing yang aka Anda pelihara itu sehat dan terhindar dari rabies. Jika kucing itu rabies,  Anda rentan untuk tertular. Setelah membawanya ke rumah letakkan kucing ke dalam ruangan yang tertutup.  Biarkanlah kucing terebut berada di dalam ruangan yang tertutup sampai kucing tersebut terbiasa dengan lingkungan barunya. Ruangan tersebut tidak perlu terlau besar namun semua perlengkapan kucing harus ada di dalam ruangan tersebut seperti bak pasir, tempat makan dan minum serta mainan.

Jendela dan Pintu yang Tertutup

Cara menjinakkan kucing liar yang tidak boleh untuk dilupakan adalah pastikan ruangan yang ada di sana jendela dan pintunya selalu dalam keadaan tertutup. Jika ruangan kondisi pintu dan jendelanya masih terbuka, kucing akan rentan sekali untuk kabur dan melarikan diri dan kembali di lingkungannya yang bebas dan liar. Oleh sebab itu jangan lupa untuk menutup jendela dan pintu rumah.

Tempat Bersembunyi

tempat bersembunyi
tempat bersembunyi

Kucing yang biasanya terbiasa di luar ruangan suka sekali bersembunyi. Sebenarnya kucing liar takut untuk berinteraksi dengan manusia oleh sebab itu mereka menjadi agresif jika ada manusia yang mendekatinya. Selain itu kucing juga suka bersembunyi agar kucing tersebut tidak bisa dilihat oleh manusia. Di dalam ruangan tertutup tersebut Anda bisa memberikan kardus yang dibalik dan dilubangi. Kucing suka sekali bersembunyi di balik kardus.

Hindari Banyak Perabotan

Agar Anda bisa menjinakkan kucing liar dengan baik sebaiknya menghindari banyak perabotan di dalam ruangan tersebut. Ruangan yang banyak perabotan rentan untuk dicakar kucing dan dirusak oleh kucing. Sterilkan ruangan dari berbagai macam perabotan yang bisa membuatnya menjadi semakin beringas dan agresif.

Lampu Meja

Agar kucing menjadi lebih nyaman di dalam ruangan tersebut, Anda harus menerangi ruangan dengan lampu meja, jangan meneranginya dengan lampu yang berada di atas langit-langit kamar. Lampu meja akan membuat kondisi ruangan redup dan kucing akan menjadi lebih nyaman ketika berada di ruangan tersebut. Kucing juga akan mudah beradaptasi dengan kondisi ruangan yang redup.

Bau Pakaian

bau manusia
bau manusia

Kucing liar dulunya tidak mau beradaptasi dengan manusia, bahkan mereka lebih suka menghindari manusia. Oleh sebab itulah Anda sendiri yang harus bersikap aktif untuk mendekati kucing tersebut. Cara agar kucing liar terbiasa dengan manusia Anda bisa meletakkan pakaian bekas yang ada bau manusianya. Anda bisa meletakkan kaus kaki, sweater maupun pakaian yang ada aroma tubuh Anda.

Memberikan Vaksin

vaksin untuk kucing
vaksin untuk kucing

Meskipun namanya adalah kucing liar, kucing tersebut tetap harus mendapatkan vaksin agar kesehatannya menjadi lebih terjaga. Untuk bisa membawanya ke dokter hewan ini ada triknya khusus yaitu dengan memasukkannya ke dalam pet cargo yang ditutupi dengan selimut. Biarkan pintu pet cargo tersebut terbuka dan kucing mau masuk dengan sendirinya. Sediakan camilan di dalam pet cargo agar kucing menjadi lebih nyaman.

Memberikan Makanan

memberikan makanan
memberikan makanan

Cara menjinakkan kucing liar yang bisa untuk Anda lakukan adalah dengan sering memberikan makanan kepada kucing liar Anda tersebut. Ketika memberikannya makanan jangan langsung menyentuhnya dikarenakan kucing liar belum terbiasa dengan sentuhan. Temanilah kucing liar tersebut selama dia makan. Berikanlah frekuensi makanan yang teratur dan setiap hari maka kucing liar yang Anda pelihara perlahan-lahan akan mengenali Anda sebagai majikannya.

Gunakan Lengan Panjang

Jika kucing belum bisa beradaptasi dengan baik, Anda bisa menggunakan baju lengan panjang ketika masuk ke ruangannya. Hal itu digunakan sebagai langkah antisipasi agar kucing tidak mencakar dan menggigit lengan Anda.  Selain itu hindarilah tatap muka langsung dengan kucing sebab tatap muka secara langsung bisa menjadi pertanda bahwa Anda menantangnya sehingga kucing liar akan menjadi berontak dan tidak bisa Anda jinakan.

Bermain

kucing bermain
kucing bermain

Ketika kucing liar sudah semakin merasa nyaman dengan Anda, mulailah untuk mengajaknya bermain.  Bermain akan membuat kucing merasa diperhatikan dengan baik dan senang. Anda bisa membeli mainan khusus kucing di Pet Shop. Kucing juga harus Anda awasi dengan baik ketika bermain terutama jika mainannya tersebut rentan untuk tertelan.

Memahami Bahasa Tubuh Kucing

Untuk bisa memahami kucing, Anda harus tahu basa tubuhnya. Secara tidak langsung kucing akan mengutarakan apa yang diinginkannya melalui bahasa tubuhnya. Misalnya saja adalah kucing mendesis itu tanda jika dia tidak ingin Anda sentuh. Jika dia tampak tenang ketika Anda berada di dekatnya itu tandanya jika dia siap untuk Anda sentuh.

Bahasa Tubuh Kucing
Bahasa Tubuh Kucing

Kucing liar sama seperti dengan kucing lainnya yang membutuhkan perawatan dan perhatian dari manusia. Sikap liarnya tersebut dikarenakan dia sudah lama tidak  berinteraksi dengan manusia sehingga kucing tersebut takut jika harus berinteraksi dengan manusia. Rasa takutnya membuat dia menjadi agresif bahkan tidak segan untuk mencakar dan menggigit Anda supaya lebih aman dan terlindungi. Jika berniat untuk menjinakkan kucing liar, Anda bisa melakukan beberapa cara menjinakkan kucing liar yang disebutkan diatas yang sudah terbukti berhasil membuatnya lebih jinak.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan