6 Jenis Kucing yang Cocok untuk Anak-anak dan Mudah Dipelihara

Jenis kucing yang cocok untuk anak-anak – Anak-anak adalah salah satu faktor yang harus Anda perhatikan ketika akan memelihara kucing. Hal itu dikarenakan kucing adalah hewan yang mudah stress, sehingga ketika menghadapi tingkah laku anak-anak Anda kucing bisa mudah terpancing stress. Kucing juga memiliki daya tahan tubuh yang lemah, sehingga jika nanti perlakuan anak-anak terhadap kucing terlalu ekstrem nantinya kucing tersebut akan mudah mati. Begitu pula kucing yang agresif justru bisa melukai anak-anak Anda. Jika Anda akan memelihara kucing ada baiknya jika memperhatikan jenis kucing tersebut. Berikut ini adalah beberapa daftar jenis kucing yang cocok untuk anak-anak yang bisa Anda pelihara:

Kucing Siam

kucing siam
kucing siam

Kucing pertama yang cocok untuk dijadikan peliharaan untuk anak-anak adalah Kucing Siam. Kucing ini identik dengan bulu yang hitam dan cokelat. Yang menarik dan lucu dari kucing ini adalah bagian hidungnya. Bagian hidung kucing ini lebih mirip dengan musang sehingga wajahnya sangat unik dan menarik. Asal dari kucing ini adalah Thailand dan banyak dipelihara di negara Amerika Utara maupun di Eropa. Alasan kucing ini cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan terutama anak-anak adalah bulunya yang halus dan lembut sehingga cocok ketika dibelai. Selain itu kucing ini sangat suka diperhatikan dan ketika anak-anak Anda mendekatinya kucing ini bisa diajak bermain oleh anak Anda. Yang harus dihindari ketika Anda akan memelihara kucing ini adalah jangan mengabaikannya sebab mood dari kucing siam akan mudah sekali berubah.

Kucing Birman

kucing birman
kucing birman

Ketika Anda mendengar namanya tentu Anda sudah tahu asal dari kucing ini. Seperti namanya Kucing Birman berasal dari Burma. Karakteristik dari kucing ini adalah memiliki bulu yang sama dengan kucing siam maupun dengan Kucing Ragdoll. Yang unik dari kucing Birman ini adalah bulunya yang lebat sehingga tubuhnya akan terlihat menggembung. Alasan kucing ini cocok untuk anak-anak dikarenakan aman dan menyenangkan. Moodnya pun cenderung lebih stabil dibandingkan dengan kucing yang lainnya. Mood yang berubah akan berbahaya bagi anak Anda dikarenakan bisa mencakar tau melukai anak Anda ketika moodnya sedang tidak bagus.

Kucing Ragdoll

kucing ragdoll
kucing ragdoll

Ciri khas kucing ini adalah mata yang biru bulu yang medium dan juga sangat halus. Pertama kali kucing ditemukan oleh Ann Braker. Cocok dijadikan sebagai peliharaan anak-anak dikarenakan penurut. Ragdoll disebut juga dengan puppy cat, hal itu dikarenakan kucing ini begitu penurut sama dengan anjing bahkan suka mengikuti majikannya. Selama ini tidak ada catatan kucing Ragdoll melukai manusia dan menggigit manusia. Oleh sebab itulah mengapa kucing ini aman untuk dipelihara oleh anak-anak Anda.

Kucing Abyssinian

kucing abbysinan
kucing abbysinan

Sebelum berubah nama menjadi Ethiopia, negara tersebut disebut dengan Abyssinian. Sesuai dengan namanya kucing ini berasal dari Ethiopia dan ciri khasnya adalah memiliki bulu cokelat. Meski kucing ini sangat menyukai lingkungan luar rumah namun kucing ini ketika dipelihara di dalam rumah akan menjadi sangat penurut. Menariknya lagi adalah kucing ini akan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan dia bisa mudah diatur. Misalnya saja untuk buang air pada tempatnya Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengajarinya. Sama halnya dengan Kucing Siam, Anda harus memperhatikan kucing ini dengan baik.  Hal itu dikarenakan kucing ini sangat manja kepada majikan dan karena sifatnya itulah Anda harus lebih memperhatikannya.

Kucing Persia

Kucing persia
Kucing persia

Jenis kucing yang cocok untuk anak-anak selanjutnya adalah Kucing Persia. Mukanya yang lucu dan tingkahnya yang menggemaskan membuat setiap orang tertarik untuk memelihara kucing ini. Salah satu keunikan pada Kucing Persia adalah hidungnya yang pesek dan pipinya yang tembem. Justru semakin pesek hidung Kucing Persia itu semakin mahal harganya. Alasan kucing ini cocok dipelihara oleh anak-anak adalah mudah bergaul dengan siapa pun. Ada kucing yang pemalu ketika bertemu dengan orang baru, namun tidak dengan kucing ini. Ketika diajak bermain dengan anak-anak, kucing ini pun mau meresponnya. Sifatnya yang aktif membuatnya menjadi kucing yang tidak bisa diam.

Saat Anda memutuskan untuk merawat Kucing Persia sebaiknya Anda jangan mengacuhkannya. Hal itu dikarenakan kucing ini akan menjadi sangat agresif ketika tidak diperhatikan. Tidak hanya itu saja, perhatikan pula asupan makannya. Kucing ini tidak bisa diberikan makanan yang sembarangan sebab bisa menyebabkan kucing menjadi muntah dan diare.

Kucing Exotic

Jenis kucing yang cocok untuk anak-anak selanjutnya adalah Kucing Exotic.  Exotic merupakan kucing hasil peranakan dari Kucing persia. Jika dilihat dari tampilan fisiknya kucing ini sangat mirip sekali dengan Kucing Persia bahkan sifatnya pun sama dengan Kucing Persia ini. Yang berbeda dari kucing peranakan ini adalah bulunya yang pendek sedangkan persia ras asli memiliki dua jenis bulu yaitu longhair dan juga shorthair. Sifat dari kucing ini adalah suka sekali diperhatikan dan dielus oleh pemiliknya. Jangan sampai Anda mengabaikannya dikarenakan kucing ini akan mudah sekali stress jika tidak diperhatikan dengan baik. Alasan kucing ini cocok dipelihara oleh anak-anak dikarenakan sifatnya yang mewarisi Kucing Persia yang mudah bergaul dengan orang lain.

Kucing Exotic
Kucing Exotic

Memelihara kucing harus selektif, jangan sampai memilih kucing yang salah. Ada kasus dimana anak menjadi korban hewan peliharaan orang tuanya sendiri. Oleh sebab itu untuk mengantisipasi, pilihlah hewan yang benar-benar friendly untuk anak-anak.  Anda bisa memelihara satu atau beberapa jenis kucing yang cocok untuk anak-anak yang telah disebutkan di atas agar anak-anak Anda aman dan senang karena kehadiran kucing tersebut.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan