7 Cara Membantu Kucing Melahirkan yang Baik dan Benar

Cara membantu kucing melahirkan – Kucing adalah hewan mamalia yang melahirkan dan juga menyusui. Kucing membutuhkan bantuan manusia untuk bisa melalui masa-masa kehamilan yang sulit dan terlebih lagi ketika masa melahirkan tiba. Sama halnya dengan manusia, jika Anda tidak mempersiapkan persalinan kucing Anda dengan baik hal tersebut akan berbahaya bagi kucing Anda bahkan bisa mengancam nyawa kucing Anda. Tentu saja Anda tidak ingin jika hal yang berbahaya menimpa kucing Anda. Terutama jika kucing Anda adalah kucing yang harganya mahal dan susah untuk didapatkan. Oleh sebab itu agar menjadi majikan yang baik, Anda harus selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan kucing Anda. Bagi Anda yang baru pertama kali memelihara kucing simak cara membantu kucing melahirkan berikut ini:

Merawatnya Selama Kehamilan

merawat selama hamil
merawat selama hamil

Sebelum Anda mengetahui cara membantu kucing melahirkan ada baiknya jika Anda merawatnya selama kehamilan. Kehamilan yang terjaga dengan baik akan memudahkan kucing dalam melahirkan. Berbeda dengan kucing yang tidak pernah mendapatkan perawatan selama kehamilan, risiko komplikasinya lebih banyak dibandingkan dengan yang mendapatkan perawatan selama kehamilan. Disarankan setelah Anda mengetahui tanda-tanda kehamilan kucing dilakukan pemeriksaan ke dokter hewan. Tanda kucing yang hamil adalah perut berwarna merah jamu, puting kucing membesar, perut yang kenyal dibandingkan yang tidak hamil dan masih banyak lagi lainnya.

Membuat Sarang

sarang kucing
sarang kucing

Cara membantu kucing melahirkan selanjutnya adalah Anda harus membuatkan sarang untuk kucing Anda yang melahirkan. Saat akan melahirkan kucing membutuhkan kehangatan, ketenangan dan tempat yang empuk untuk melahirkan. Ketika akan melahirkan kucing ini akan mencari tempat yang nyaman untuk melahirkan. Berikut ini adalah tips membuat sarang yang pas untuk melahirkan kucing:

Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat yang pas untuk membuat sarang kucing. Kamar mandi yang lembap cocok dijadikan sebagai tempat untuk kucing melahirkan. Pastikan di kamar mandi yang akan Anda jadikan sebagai sarang tidak ada binatang yang berbahaya seperti anjing atau anak kecil supaya kucing menjadi rileks.

Strategis

Sarang yang Anda buat haruslah strategis. Yang dimaksud strategis di sini adalah memiliki akses yang baik ke tempat makan dan minum. Tidak hanya itu saja, tempat buang air pun harus dekat dengan sarang yang Anda buat. Hindarkan sarang tersebut dengan kandang kucing agar tidak ada penyakit yang menyerang kucing Anda.

Kotak Kardus

Anda bisa membuat sarang dari kotak kardus yang bisa Anda isi dengan koran, handuk atau bisa juga kain halus.  Jangan sampai ada aroma yang menyengat sebab kucing sangat sensitif dengan bau. Pilihlah kardus yang permukaan sisinya lumayan tinggi sehingga badan kucing tersebut bisa sedikit tertutupi.

Asupan Makanan

makanan kucing hamil
makanan kucing hamil

Semakin mendekati hari persalinan atau melahirkan, nafsu makan kucing akan menurun. Jika nafsu makannya semakin menurun dari hari ke hari bisa jadi kucing tersebut sudah hampir melahirkan. Meski nafsu makannya buruk Anda tetap harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh kucing tersebut. Asupan makanan yang baik akan sangat membantu proses persalinan kucing Anda begitu pula jika asupan makanan kucing Anda tidak terjaga selama kehamilan dan proses melahirkan hal tersebut akan membuat kucing Anda menjadi lemas dan tidak bertenaga ketika harus melahirkan.

Memiliki Kontak Dokter Hewan

dokter kucing
dokter kucing

Anda harus memiliki kontak dokter hewan langganan Anda. Kontak dokter hewan itu akan sangat bermanfaat bagi Anda jika ada ha-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kucing Anda. Anda tidak pernah tahu bagaimana proses persalinan kucing Anda nanti apakah berjalan dengan lancar atau tidak. Dengan memiliki kontak dokter hewan ketika ada masalah dengan persalinan kucing, Anda bisa langsung menghubungi dokter hewan tersebut.

Botol Susu dan Susu

botol susu dan susu
botol susu dan susu

Sehabis melahirkan, anak kucing harus segera mendapatkan asupan nutrisi dari induknya. Sehingga sehabis dilahirkan induk kucing akan menyusui anak-anaknya. Namun ada beberapa pecinta kucing yang mengeluhkan jika anak kucingnya tidak bisa menyusu kepada induknya dikarenakan beberapa masalah. Sebagai persiapan Anda bisa membeli susu bubuk khusus bayi kucing dan botol susunya sekaligus. Nantinya susu sambung tersebut bisa Anda berikan sampai induk kucing bisa menyusui dengan lancar.

Lama Masa Kehamilan

Tugas yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mencatat lama masa kehamilan. Kucing akan memiliki masa tenggang pada kehamilan. Mencatat masa kehamilan kucing ini bermanfaat untuk mengetahui kapa waktunya kucing Anda melahirkan. Pada umumnya kucing akan melahirkan dalam waktu 67 hari dan jika belum ada tanda-tanda melahirkan selama 67 hari Anda perlu memeriksakan kucing Anda lebih lanjut. Dokter hewan akan memeriksa perut si induk kucing untuk mengetahui apakah bayi yang ada di dalam kandungannya dalam kondisi sehat atau tidak. Dokter hewan akan memberikan tenggang waktu selama 4 sampai dengan 5 hari dan jika bayi kucing belum dilahirkan dalam waktu tersebut kucing akan menjalani operasi caesar untuk melahirkan bayi kucing yang ada di dalam perutnya.

Komplikasi

Kucing yang akan melahirkan pun bisa terkena komplikasi. Untuk bisa mengetahui komplikasi ini Ada bisa lihat dari air seni kucing tersebut. Air kucing yang tidak normal patut untuk diwaspadai dimana dari air kencing yang hijau kekuningan bisa terdeteksi infeksi pada rahim, hijau terang adalah tanda jika plasenta terpisah dari tubuh bayi dan air seni yang bercampur darah tanda jika plasenta kucing pecah. Ketika Anda menemukan tanda tersebut pada kucing Anda segera bawa ke dokter hewan terdekat. Selain komplikasi tersebut, jika kucing sehabis masa persalinan tidak terlihat sehat Anda bisa membawanya ke dokter hewan.

Demikianlah beberapa cara membantu kucing melahirkan yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan