8 Cara mudah melatih kucing bermain lempar tangkap

Kalau Anda punya kucing jangan hanya dibelai-belai saja ya. Ajak juga bermain karena kucing kita butuh juga kok dirangsang secara fizik dan mental. Tidak hanya anjing yang bisa diajak bermain lempar tangkap, sebab kucing juga bisa asal kita melatihnya.

Menurut seorang pakar perilaku hewan kesayangan, Arden Moore, ketika kita mengajak kucing kesayangan bermain lempar tangkap, ia akan mendapatkan rangsangan fizik dan mental yang pada akhirnya memengaruhi kualitas hidup menjadi lebih baik. Jadi, seperti apa cara melatih kucing supaya bisa bermain lempar tangkap seperti anjing?

1. Melatih kucing bermain lempar tangkap: Cari tempat yang sesuai

Cuba cari ruangan atau tempat yang kecil dan tertutup. Kucing kita perlukan fokus saat latihan sehingga kita tiidak ingin ada orang atau gangguan lain yang boleh memecah fokusnya. Seiring kucing makin baik dalam permainan, kita boleh mulai mencari tempat yang lebih luas.

2. Pilih mainan yang sesuai

8 Cara mudah melatih kucing bermain lempar tangkap

Kucing adalah hewan unik dengan kepribadian yang berbeda-beda. Kucing tertentu mungkin suka mengejar gumpalan kertas, sementara kucing lain mungkin suka mengejar mainan ringan dengan bunyi-bunyian. Cari tahu mainan apa yang disukai kucing kesayangan.

3. Pilih waktu yang tepat

Mulailah sesi permainan ketika kucing benar-benar dalam keadaan sadar, tidak sedang ngantuk atau baru saja bangun tidur. Moore menyarankan untuk memulai sesi setiap kali sebelum jam makan kucing.

4. Beri penghargaan

Setiap kali melatih kucing – apapun jenis latihannya, pastikan kita selalu memberikan penghargaan ketika kucing berhasil melakukan apa yang kita mau. Penghargaan bisa berupa makanan atau belaian. Tapi, memang yang paling disenangi adalah makanan kesukaan si kucing.

5. Biarkan kucing berkenalan dengan mainan

Sebelum memulai latihan, biarkan kucing mengenali dan terbiasa dengan mainan yang akan kita gunakan. Letakkan mainan dalam jangkauannya dan biarkan ia mengendusnya dan menyentuhnya, tapi jangan berikan ia makanan setelah melakukan ini.

Jika kucing menggigit dan memasukkan mainannya ke mulut, baru berikan makanan sebagai penghargaan. Dengan begitu ia mengerti bahwa itulah yang harus dilakukannya. Teruskan proses latihan ketika ia mulai melakukannya dan mulai menjangkau mainan dari tangan kita dengan telapak atau mulutnya dan beristirahatlah sejenak supaya kucing tidak terlalu lelah dan bosan.

6. Gunakan kata arahan

Setelah kucing mengerti apa yang harus dilakukannya, mulailah perlahan membiasakannya mengerti kata arahan kapan dia harus mengambil mainannya. Gunakan kata seperti “tangkap!”. Moore melatih kucing kesayangannya dengan menggunakan kata arahan. Menurutnya kata arahan ini akan merangsang kucing melakukan hal yang kita inginkan. Kucing pintar dan bisa mengenali kata-kata “tangkap!” setelah beberapa saat.

7. Pancing kucing

Jika kucing mengambil mainan yang kita lempar, tapi tiidak mau melepaskannya, tunjukkan makanan supaya ia terpancing untuk melepaskannya. Setelah kucing melepaskan mainannya, berikan makanan tersebut dan berikan kalimat pujian, misalnya “kucing pintar!”, lalu ambil mainannya.

8. Jaga nilai mainan

Penting untuk menjaga nilai mainan tetap berharga di mata kucing dengan tiidak membiarkannya terletak sembarangan. Simpan mainan di tempat yang tidak bisa dijangkau kucing dan keluarkan hanya ketika bermain.

Supaya lebih semangat melatih kucing kesayangan, silakan lihat video kucing yang bermain lempar tangkap ini:

Sumber: sayashare

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan