Cara Merawat Kucing Kampung agar Berbulu Halus, Lembut dan Lebat

Cara merawat kucing kampung agar berbulu halus, lembut dan lebat – Siapa yang tidak tahu kucing kampung? Kucing jenis ini seringkali kita jumpai entah dijalanan maupun dirumah kita. Sungguh terlalu jika seseorang tidak pernah tahu yang namanya kucing kampung ini. Kucing kampung adalah salah satu jenis kucing yang mudah kita temukan dimanapun kita berada.

Tidak seperti kucing ras lain seperti kucing persia ataupun kucing maine coon yang berharga mahal dan memiliki bulu-bulu yang cantik, kucing kampung ini identik dengan murah bahkan gratis serta berbulu tak sebagus kucing ras lain. Tetapi, apakah jika anda memiliki kucing kampung tidak bisa membuatnya seperti kucing-kucing ras lainnya? Tentu saja bisa. Dengan beberapa cara dibawah ini anda bisa membuat kucing kampung yang anda pelihara menjadi seperti kucing ras yang memiliki bulu yang halus, lembut serta lebat dan terawat. Simak penjelasan kita berikut ini.

Warna Kucing Kampung Yang Bagus

Bagaimana Cara Menyisir Bulu Kucing Kampung dengan Benar ?

Menyisir bulu kucing sangatlah membantu dalam membuat bulunya lembut, halus dan lebat. Hal ini dilakukan supaya bulu kucing kampung anda tidak kusut. Selain itu, menyisir bulu kucing ini berguna untuk membersihkan tubuh kucing dari bulu-bulu yang mati sehingga dapat melebatkannya dan juga mencegah bulu-bulu mati itu tertelan pada saat kucing menjilati tubuhnya sehingga kucing terhindar dari hairball. Cara merawat kucing kampung

Anda Mungkin Ingin Membaca Ini :  Nih, Cara Mengatasi Kucing Agar Tidak Mudah Hamil

Melakukan penyisiran bulu kucing secara teratur dapat membantu menyebarkan minyak natural yang diproduksi oleh tubuh kucing sehingga menyebar keseluruh tubuh dan membuat bulu kucing kampung mengkilat. Lakukan proses penyisiran ini secara teratur setiap seminggu sekali.

Mandikan Kucing Kampung Secara Teratur

Salah satu cara untuk melebatkan bulu kucing adalah dengan memandikannya secara teratur. Memang kucing memiliki kemampuan untuk melakukan self-grooming namun hal itu tidak cukup untuk membuat bulunya halus, lembut dan lebat. Kucing butuh bantuan dari anda untuk melakukan perawatan terhadap tubuh mereka.

Memandikan kucing secara teratur dapat mengurangi kotoran yang hinggap ditubuh si kucing. Kotoran tersebut bisa berubah menjadi jamur pada bulu kucing yang akan menyebabkan bulu rontok. Bulu rontok pada kucing akan mengurangi keindahan seekor kucing dan mengurangi tingkat kelebatan bulu-bulu mereka.

Anda sebagai pemelihara bisa menjadwalkan untuk memandikan kucing kampung anda seminggu sekali. Dan gunakan sabun khusus kucing guna merangsang pertumbuhan bulu dengan cepat sehingga anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menggemukkan Kucing Kampung

Perhatikan makanan kucing Kampung Kamu.

Berikan kucing makanan yang mengandung nutrisi yang mendukung pertumbuhan bulu-bulu kucing. Dengan memberikan nutrisi yang tepat pada kucing, bulu kucing bisa menjadi lebat. Makanan yang mengandung protein dan lemak adalah makanan terbaik yang menutrisi bulu kucing. Protein yang terkandung dalam makanan kucing berguna untuk menumbuhkan dan membentuk jaringan tubuh kucing. Sedangkan lemak pada makanan kucing berguna dalam membantu merawat bulu kucing karena mengandung Omega 3 dan Omega 6.

Loading...

Larangan yang perlu diperhatikan adalah jangan memberinya ikan asin karena akan membuat bulu kucing rontok dan pada akhirnya keindahan seekor kucing bisa berkurang. Selain itu, jangan juga terlalu banyak memberikan makanan berlemak pada kucing karena dapat menimbulkan timbunan lemak dibawah kulitnya juga akan menyebabkan obesitas yang rentan akan penyakit.

Anda Mungkin Ingin Membaca Ini :  Wajib Dibaca! Tips Mengetahui Kucing Sakit Tanpa ke Dokter

Berikut makanan dan minuman yang dianjurkan untuk diberikan kepada kucing kampung:

  1. Daging

Berikan makanan berupa daging yang sudah diolah (direbus/ digoreng) supaya higienis. Atau bisa juga anda haluskan sehingga menjadi seperti bubur. Ada baiknya untuk menyuguhkan ikan karena vitamin E yang terkandung dalam ikan sangat baik bagi kucing.

  1. Nasi

Berikan nasi kepada kucing anda, tapi jangan Cuma nasi saja campurkan lauk seperti ikan kedalam nasi tersebut. Jangan juga terlalu banyak memberikan nasi kepada kucing karena kandungan glukosa pada nasi dapat menyebabkan kucing mengalami obesitas.

  1. Tempe

Ini merupakan alternatif jika kucing jadi mencret apabila diberikan nasi. Rebus tempe terlebih dahulu sebelum diberikan dan juga campur dengan lauk lainnya.

  1. Makanan khusus kucing

Anda juga bisa memberikan makanan khusus kucing kepada kucing kampung anda. Sebaiknya berikan makanan khusus kucing yang bervariasi agar kucing tidak bosan makan.

  1. Air putih

Air merupakan kebutuhan semua makhluk dibumi ini termasuk kucing. Berikan kucing minuman berupa air didalam wadah setiap hari. Jangan lupa untuk mengganti airnya dan mencuci wadahnya sehari sekali.

Susu untuk kucing kampung

Kandungan protein dan kalsium pada susu sangat baik untuk kesehatan kucing. Tetapi hindari untuk memberikan kucing susu sapi, karena protein dalam susu sapi tidak dapat dicerna dengan baik oleh kucing. Tanyakan rekomendasi susu apa yang tepat untuk kucing anda pada dokter hewan kepercayaan anda atau petshop kesayangan anda. cara merawat kucing kampung

Berikan nutrisi tambahan pada kucing

Berikan nutrisi tambahan pada kucing agar bulunya semakin lebat. Kali ini kami merekomendasikan untuk memberikan si kucing kuning telur ayam kampung. Kuning telur ayam kampung berguna untuk memperindah bulu kucing, menghaluskannya serta mencegahnya dari kerontokan. Berikan maksimal 3 kali dalam seminggu. Ingat ya jangan sertakan putih telurnya karena dapat membuang senyawa penting dalam tubuh kucing (vitamin B Biotin).

Anda Mungkin Ingin Membaca Ini :  6 Cara Merawat Kucing Persia Pignose dan Makanannya yang Tepat

Selain itu, berikan minyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3. Omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan dapat menjaga kesehatan kulit kucing, dan melebatkan bulu kucing. Selain itu juga akan mencegah bulu kucing dari kerontokan.

Nutrisi selanjutnya adalah vitamin E. Vitamin E ini berguna untuk menjaga kelembaban kulit kucing dan juga mencegahnya dari bahaya paparan sinar ultraviolet yang dapat mengeringkan kulit dan bulunya.

Perhatikan kondisi psikis kucing

Hindarkan kucing kampung anda dari rasa stres karena akan mempengaruhi kesehatan bulu kucing. Kucing yang mengalami stres akan mengalami kerontokan pada bulunya.

Cara Memandikan Kucing Kampung.

Demikian bagaimana cara merawat kucing kampung agar berbulu lembut, halus dan lebat. Sekian terima kasih.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.