Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Mudah di Rumah

Posted on

Cara menghilangkan kutu kucing di rumah – Kutu merupakan serangga kecil yang sangat mengganggu karena membuat gatal hebat. Kutu ini kerap hinggap di tempat yang hangat seperti rambut manusia bahkan bulu kucing sekalipun. Menempel di manusia saja mengganggu, apalagi di kucing tambah lebih mengganggu karena tidak Cuma kucing saja yang bingung tapi kita sebagai pemelihara juga ikut bingung.

Setelah mengetahui bahwa kutu hinggap di bulu kucing kita, segeralah dengan cepat mencari bagaimana cara menghilangkannya karena efek yang ditimbulkan bisa jadi infeksi pada kulit kucing itu sendiri karena gerap menggaruk bahkan menggigit kulitnya hingga lecet. Perlu diketahui juga bahwa kutu yang ada pada bulu kucing juga bisa menyebar ke kulit kita pada saat kita sedang berinteraksi dengan si kucing.

Berikut akan kami paparkan bagaimana cara menghilangkan kutu kucing dengan mudah dirumah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutu kucing mulai dari cara alami hingga memakai benda/alat/bahan tertentu. Untuk tahu lebih jelasnya ikuti penjelasannya dibawah ini

  1. Mandikan si kucing dengan shampoo khusus

Harga Shampo Kutu Kucing

Mandi merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi bagi semua makhluk untuk menjaga kebersihan tubuhnya termasuk kucing. Memandikan kucing berguna untuk mengusir dna mencegah kutu-kutu hinggap ditubuhnya.

Agar efek mandi ini lebih ampuh lagi dalam menghilangkan kutu, gunakan shampoo anti kutu untuk memandikan si meong agar kutu lebih cepat hilang. Dan perlu diingat bahwa menggunakan shampoo anti kutu ini harus konsisten agar kutu tidak kembali lagi pada kucing.

  1. Usapkan minyak telon kepada si kucing

Nah, ini dia yang unik yang jarang diketahui pemelihara kucing bahwa sebenarnya minyak telon bisa mengusir kutu yang hinggap pada tubuh kucing anda. Caranya adalah dengan mengusapkan minyak telon tersebut ke bagian kulit kucing yang terdapat banyak kutu.

Namun perlu diingat untuk tidak mengoleskannya terlalu banyak agar pada saat dia menjilati tubuhnya minyak telon tidak ikut tertelan.

  1. Menyisir bulu menggunakan Sisir Kutu Kucing

Lakukan penyisiran bulu kucing terutama setelah si kucing dimandikan. Sisirlah bulu kucing secara merata agar kutu yang berada di bulunya menghilang. Ada baiknya juga untuk melakukannya secara teratur agar proses pencegahan dari kutu berjalan lancar. Gunakanlah sisir yang cocok dengan bulu kucing anda. Selain membantu menghilangkan kutu, menyisir bulu si kucing juga dapat melebatkan bulunya.

  1. Semprotkan air cuka

Anda juga perlu tahu kalau kutu sangatlah tidak suka dengan aroma cuka. Caranya dengan mencampurkan cuka dengan air kedalam panci dengan perbandingan seimbang lalu hangatkan dengan api sedang. Setelah itu masukkan air cuka kedalam botol semprot lalu semprotkan pada bagian tubuh kucing yang terdapat kutunya. Perlu diperhatikan untuk tidak sampai mengenai bagian mata dan telinga si kucing. cara menghilangkan kutu kucing

  1. Gunakan jus lidah buaya

Lidah buaya terbilang salah satu formula yang ampuh untuk mengusir kutu yang mengganggu dari si kucing. Selain ampuh cara ini juga termasuk cara yang alami dan wajib dicoba dirumah.

Jadikan lidah buaya jus bersamaan dengan cabe rawit didalamnya lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan jus tersebut ke bulu kucing yang terdapat kutunya.

  1. Gunakan semprotan lemon

Selain beberapa semprotan diatas, ada baiknya anda mencoba lemon untuk menghilangkan kutu pada bulu kucing anda. Dengan membelah lemon menjadi 4 bagian lalu taruh di air mendidih dan biarkan selama semalam anda sudah bisa mendapatkan semprotan lemon untuk membasmi kutu yang terdapat pada bulu kucing anda. Pelru diketahui bahwa lemon ini mengandung asam sitrat yang tidak disukai oleh kutu.

  1. Gunakan cuka apel

Cuka apel juga mampu mengusir kutu. Cuka yang terbuat dari sari buah apel ini memiliki bau busuk yang tidak disukai oleh kutu. Cuka apel dapat digunakan untuk menghilangkan kutu pada kucing dengan mencampurkannya dengan air dengan perbandingan 2:1. Cara menghilangkan kutu kucing

  1. Gunakan garam

Garam juga mampu digunakan untuk mengusir kutu kucing. Caranya adalah dengan menambahkan garam kedalam air hangat lalu rendam si kucing kedalam air hangat yang sudah dicampur garam tersebut. Garam berguna untuk membunuh telur kutu.

  1. Vaksin Ivermectin

Berkonsultasilah dengan dokter untuk menggunakan cara ini. Kebanyakan orang mengira bahwa suntik Ivermectin ini untuk menghilangkan jamur, namun sejatinya vaksin ini digunakan untuk menghilangkan kutu yang menempel pada si kucing. Biasanya dibutuhkan minimal 3 kali suntikan dengan jarak 3 sampai 4 minggu untuk memperoleh hasil yang maksimal. Namun, vaksin ini tidak akan membunuh terlu kutu.Jangan gunakan suntik Ivermectin pada anak kucing (dibawah 3 bulan) karena akan menyebabkan keracunan serta kerusakan pada ginjal.

  1. Batasi aktivitas keluar rumah

Kucing mayoritas memiliki jiwa petualang sehingga membuatnya selalu ingin tahu akan hal-hal baru. Jika kucing anda salah satu dari ini dan suka bepergian diluar sudah pasti si dia terkena kutu. Alangkah baiknya anda membatasi aktivitas kucing anda diluar rumah dengan menutup akses langsung keluar rumah agar si kucing tidak bisa kabur.

Demikian sekian cara untuk menghilangkan kutu kucing dengan mudah dirumah. Sekian terima kasih.

Kata Kunci :

  • cara mudah menghilangkan kutu pada kucing
  • CARA MENGHILANG KUTU KUCING DI RUMAH
  • cara menghilangkan kutu pada kucing kampung
  • kutu hinggap di rumah bagaimana menghilangkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *