Ciri-ciri dan Harga Kucing Maine Coon serta Cara Merawatnya

Posted on

Ciri-ciri dan harga kucing Maine Coon serta cara merawatnya – Kucing Maine Coon merupakan salah satu kucing yang populer di Amerika Serikat. Kucing eksotis ini memiliki asal-usul yang cukup membingungkan, ada yang mengatakan bahwa kucing ini dibawa oleh bangsa Viking ke Amerika Utara jauh berabad-abad sebelum Columbus mulai berlayar. Sedangkan dilain versi, ada yang memaparkan bahwa kucing jenis Maine Coon ini merupakan keturunan kucing bulu panjang milik Marie Antoinette.

Ciri-ciri kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon ini merupakan kucing yang memiliki pertumbuhan yang sangat pesat karena beratnya mencapai 4 sampai 8 kilogram saat sudah dewasa. Pada umumnya kucing berjenis kelamin pria tubuhnya memiliki bobot yang lebih berat daripada kucing Maine Coon betina. Berat ini bisa diperoleh apabila kucing ini sudah berumur 3-5 tahun atau sudah dewasa.

Kucing Maine Coon ini memiliki ciri-ciri yang khas yang membedakan jenis mereka dari jenis kucing yang lain. Salah satunya adalah bentuk kepala mereka yang unik. Kucing Maine Coon memiliki ukuran kepala sedang dan lebar dengan telinga yang juga besar serta lancip diujungnya dengan ditumbuhi bulu-bulu. Bentuk dahi dari kucing ini sedikit melengkung dan tulang pipinya menonjol.

Kucing Maine Coon ini memiliki hidung yang tergolong lebar namun sedikit melengkung dibagian ujungnya dan tajam dibagian dagu. Sedangkan bagian leher dari kucing ini bisa dibilang cukup kuat dan juga berukuran sedang.

Kucing Maine Coon memiliki ekor panjang yang berbentuk seperti kemoceng dengan bulu – bulunya yang halus. Bentuknya melebar pada bagian pangkal dan meruncing diujungya. Inilah salah satu hal yang membedakan kucing Maine Coon dari jenis kucing yang lain selain bentuk telinganya yang unik.

Kucing Mainee Coon dibekali kelebihan yang tak tanggung – tanggung, kucing ini bisa beradaptasi pada segala macam keadaan apapun, bahkan pada area yang terbilang ekstrim. Bulu – bulu pada kucing ini anti air dan juga sangat tebal sehingga membuat tubuhnya kuat untuk menahan udara dingin pada musim dingin. Hal ini menjadikan kucing Maine Coon sebagai teman yang tepat pada saat musim dingin tiba. dan Membuat Harga Kucing Maine Coon cukup mahal.

Kucing Maine Coon sangatlah cocok dijadikan teman dirumah. Kucing ini terbilang mampu dengan cepat beradaptasi dengan berbagai karakter manusia serta gaya hidupnya. Maine Coon sangat suka mengikuti kemanapun pemiliknya pergi, pokonya ingin selalu dekat dengan pemiliknya. Kucing ini juga sangat suka dengan segala perhatian sang pemilik yang diberikan kepadanya saat bermain, bahkan kucing Maine Coon rela melakukan hal – hal yang pada akhirnya dapat menarik perhatian sang pemilik.

Kucing Maine Coon juga terkenal handal dalam hal menangkap tikus. Sang pemiliki dapat menjadikannya sang penangkap tikus dirumah. Kucing ini sangat suka mengasah kemampuan berburunya dengan menangkap dan berlarian mengejar mainannya.

Kucing Maine Coon sama halnya dengan Kucing jenis Bengal yang mampu memanjat ke area yang lebih tinggi dengan baik. Kucing Maine Coon ini tergolong kucing yang pintar karena suka menggali trik-trik baru saat bermain sehingga akan mengasah kemampuan otaknya. Kucing Maine Coon ini suka bermain walaupun dia sudah dewasa namun ada perbedaan sifat disini, kucing jantan relatif lebih pemalu namun kucing betina cenderung lebih bisa menjaga diri dan sopan.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Merawat kucing Maine Coon sangatlah mudah dan sederhana. Pemilik bisa melakukan hal ini dengan perfek walaupun tidak pernah sekalipun memelihara kucing. Yang patut diperhatikan dari kucing Maine Coon ini adalah porsi makanan yang diberikan serta jenis makanannya. Butuh porsi makan yang seimbang mengingat kondisi fisiknya yang bisa tumbuh cukup cepat sehingga akan mempengaruhi bentuk fisik.

Selain itu, pemilik juag harus memperhatikan kondisi lingkungan dari si Moine Coon ini, jangan menempatkan kucing ini pada luar ruangan atau didalam ruangan yang terlalu panas atau pengap. Hal tersebut akan memperburuk kondisi bulu kucing.

Berikut daftar makanan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan diberikan kepada kucing Maine Coon.

Makanan yang diperbolehkan:

  1. Sarden
  2. Ikan haring yang dimasak
  3. Pollack
  4. Atlantic Cod
  5. Bungkul
  6. Kapur sirih
  7. Kubis
  8. Biji cokelat
  9. Hati sapi
  10. Daging sapi
  11. Daging domba
  12. Ayam yang dimasak
  13. Ikan yang dimasak
  14. Keju, dan
  15. Tuna kaleng

Sementara itu, berikut adalah makanan yang tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada kucing Maine Coon:

  1. Cookies
  2. Cokelat
  3. Daging babi
  4. Ikan air tawar
  5. Susu sapi, dan
  6. Ayam mentah

Anda juga bisa mendapatkan informasi harga kucing maine coon dan harga makanannya di toko2 kebutuhan kewan.

Kemudian perlu juga diketahui, berikut beberapa masalah kesehatan yang sering menjangkit kucing Maine Coon

  1. Hip dysplasia, penyakit ini dapat menyebabkan kepincangan
  2. Hypertrophic cardiomyopathy adalah penyakit jantung yang sering diwarisi oleh Maine Coon
  3. Ginjal polikistik, adalah penyakit ginjal yang bisa menyebabkan gagal ginjal pada kucing
  4. Spinal muscular atrophy, merupakan kelainan genetik yang mempengaruhi otot rangka dan tungkai

Harga Kucing Maine Coon

Kucing jenis ini mrerupakan salah satu kucing eksotis, maka jangan sangka harganya tidak mahal. Kucing Maine Coon yang berusia 3 bulan dibandrol dengan harga 700 hingga 800 ribu (belum vaksin) atau 850 hingga 900 ribu yang sudah vaksin. Untuk yang berumur 6 bulan kucing ini dijual berkisar antara 1 hingga 1,5 juta (belum vaksin) dan 1,1 hingga 1,6 juta rupiah (sudah vaksin). Sedangkan untuk kucing Maine Coon dewasa harganya bisa mencapai 12 hingga 18 juta rupiah.

Bagi anda yang berminat membeli bisa langsung ke OLX, Kaskus atau forum jual beli lainnya. Bagi anda yang berada di kota-kota besar kucing ini bisa didapatkan di Pet Shop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *