Pos

Kucing Anggora

Kucing Anggora – Masyarakat umum masih banyak yang mengira bahwa kucing persia dianggap sebagai kucing ras anggora, padahal kucing anggora sangat ketat aturanya dan tidak bisa sembarangan orang mengadopsi apalagi di Indonesia.

Kucing Anggora
Gambar Kucing Anggora Turki

Sejarah Kucing Anggora

Kucing Anggora pada abad ke-18, banyak sekali orang yang salah menilai mengenai kucing anggora. Bahwa setiap kucing yang berbulu panjang di Persia disebut sebagai ras kucing anggora.

Sejarah Kucing Anggora
Gambar Sejarah Kucing Anggora

Asal-Usul Kucing Anggora

Kucing Anggora, Turkish Angora adalah ras kucing anggora yang tidak diketahui darimana asal usul terbentuknya. Namun, terdapat beberapa teori mengatakan bahwa kucing anggora berasal dari kucing liar dari Asia, yaitu kucing pallas.

Silahkan baca tentang: Kucing Pallas

Akan tetapi, teori ini diragukan karena kucing pallas mempunyai sifat yang berbanding terbalik dengan kucing anggora.

Teori lainnya mengatakan bahwa kucing anggora berasal dari kucing liar Afrika (Kucing Gurun) yang dijinakkan oleh suku Tatar.

Berikut penjelasan lengkap mengenai Kucing Gurun / Kucing Liar Afrika

Keturunan kucing liar dari Afrika yang dipercaya dibawa ke Turki oleh para pedagang asal Mesir pada zaman peradaban Mesir Kuno.

Dari kucing tersebutlah, kucing anggora berkembangbiak melalui seleksi alam dan perkawinan kucing sedarah di daerah pegunungan yang tertutup

Kucing Anggora adalah ras kucing alami yang sangat tua dan termasuk salah satu ras yang tertua di dunia. Berabad-abad lamanya kucing anggora mengalami seleksi alam di daerah pegunungan Ankara.

Karena iklim disana membuat tubuh kucing anggora kuat dan bulunya berkembang menjadi panjang-panjang.

Legenda Kucing Anggora

Di Turki, kucing anggora sering dikaitkan dengan beberapa legenda dan mitos.

Salah satunya yang sangat terkenal adalah kucing anggora milik Kanjeng Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ. Dikisahkan nama kucing nabi adalah Muezza sedang tertidur lelap di atas jubahnya.

Berikut adalah cerita lengkap tentang nama kucing nabi muezza

Legenda lainnya yaitu mempercayai kucing-kucing dapat membawa harapan.

Jika seseorang mempunyai keinginan yang kuat, maka dia harus memangku seekor kucing dan membisikkan keinginannya ke telinga si kucing. Lalu, dia harus membelai kucing itu dan jika kucing itu menyukainya, maka keingannya dari orang yang melakukan hal tersebut akan segera terwujud.

Beberapa orang Turki juga mempercayai bahwa Mustafa Kemal Atatürk, ia pendiri dari Republik Turki, akan dilahirkan kembali suatu hari dalam bentuk seekor kucing anggora putih dengan warna mata satu biru dan satu emas. Itulah alasannya mengapa kucing dengan bermata ganjil (Odd Eyes) sangat dihormati di Turki.

Kepopuleran Kucing Anggora

Sejak zaman Perang Salib di Eropa ada kemungkinan kucing anggora telah ada. Pada saat itu, tentara-tentara pada Perang Salib pernah membawa kucing yang berbulu panjang ketika kembali ke Eropa.

Pada abad ke-15

kucing anggora pernah dibawa dari Turki ke Eropa oleh beberapa wisatawan untuk dikembangbiakkan di Inggris dan di Prancis, sehingga kucing ras anggora cukup populer pada zaman Renaisans.

Pada abad ke-16

Seorang sarjana asal Prancis, Nicolas-Claude Fabri de Peiresc membawa beberapa ekor kucing anggora bersamanya dari Ankara ke Prancis. Kemudian mulai dikembangbiakkan kucing ras anggora dan memberikan anak kucingnya kepada para bangsawan sebagai kehormatan dan hadiah, salah satunya diberikan kepada Kardinal Richelieu.

Pada abad ke-16 kucing anggora pertama kalinya dijual kepada sultan atau orang-orang kaya di Prancis dan Inggris oleh Sultan Turki.

Kucing anggora semakin dikenal di Eropa ketika raja Louis XV (raja Louis ke-15) dan Maria Antonia memelihara seekor kucing anggora. Ada sebuah kisah yang menceritakan bahwa Maria Antonia sangat suka kucing anggoranya, sehinggaMaria Antonia mengirim kucingnya melalui sebuah kapal yang kapal tersebut juga digunakan untuk pelariannya ke Amerika Serikat pada masa Revolusi Prancis.

Pada Tahun ke 1620, seseorang penjelajah Asia asal Italia, Pietro della Valle telah mendarat di negara Turki dan kemudian kembali ke Roma denganmembawa 7 pasang ekor kucing anggora. Lalu memberikan 7 pasang kucing anggora tersebut kepada para bangsawan Romawi.

Pada abad ke-18

Banyak sekali orang yang salah menilai mengenai kucing anggora. Pada saat itu, setiap kucing yang mempunyai bulu panjang di Persia disebut sebagai ras kucing anggora.

Padahal kucing tersebut merupakan kucing ras persia.

Pada waktu itu, banyak sekali kucing yang mempunyai bulu yang panjang di sekitar kota Angora (sekarang Ankara) dan sekitar daerah Persia (sekarang Iran).

Pada waktu itu juga, tidak ada sama sekali perbedaan kucing anggora dan persia.

Silahkan baca: Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Ketika banyak pedagang dari Eropa yang berbisnis di timur tengah, kucing yang berasal dari Persia dan Turki semakin banyak di impor ke Eropa.

Kelompok kucing yang memiliki bulu panjang sangat terkenal (populer) ketika kontes kucing mulai diadakan di Inggris pada tahun 1870.

Sejak adanya pengadaan kontes kucing tersebut, sifat genetik kucing anggora dan persia mulai berkembang menjadi lebih murni (asli) dan spesifik.

Silahkan baca selengkapnya mengenai Kucing Anggora Asli dan Kucing Persia Asli.

Pada tahun 1917, pemerintah di Turki bekerja sama dengan kebun binatang Ankara (Ankara Zoo) untuk melakukan program pengembangbiakan kucing anggora.

Tujuan dari program ini adalah untuk melestarikan dan melindungi kucing anggora putih murni dengan mata ganjil (Odd Eyes). Sampai saat ini program tersebut masih berjalan.

Pada tahun 1954, kucing anggora untuk pertama kalinya dijual ke Amerika Serikat dan mulai berkembang pesat pada tahun 1960-an di Amerika Serikat, Britania Raya dan Skandinavia.

Orang Turki sangat amat menghargai kucing anggora, sehingga pada saat itu sangat sulit untuk mendapatkan seekor saja dari Ankara Zoo (kebun binatang Ankara).

Pada tahun 1062, seorang istri dari Kolonel Angkatan Darat Walter Hibah yang bertempat tinggal di Turki bernama Liesa F. Grant berhasil mengimpor sepasang kucing anggora dari kebun binatang Ankara ke Amerika Serikat.

Pengakuan Internasional Untuk Kucing Anggora

Kucing anggora mempunyai bulu putih pertama kali yang telah di akui pada tahun 1968 oleh organisasi pendaftar kucing bernama Cat Fanciers Association (CFA), yaitu kelas kejuaraan.

Pada tahun 1978, hanya kucing anggora berwarna putih murni saja yang sudah diakui. Kucing anggora juga sudah diakui oleh FIFe pada tahun 1993 dan hingga saat ini telah diakui oleh banyak organisasi pendaftar kucing.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Karakteristik Kucing Anggora – Kucing anggora mempunyai ciri khas berbulu panjang yang indah. Kucing anggora mempunyai tubuh yang sedang dengan memiliki badan yang berotot yang panjang, ramping, langsing dan elegan.

Ciri-Ciri Kucing Anggora
Gambar Ciri-Ciri Kucing Anggora

Kucing anggora mempunyai hidung yang panjang, bentuk kepala yang berbentuk segitiga, dan juga memiliki telinga yang panjang, lebar dan berbentuk segitiga.

Ciri-ciri kucing anggora asli:

1. Postur Tubuh Kucing Anggora

Postur Tubuh Kucing Anggora
Gambar Postur Tubuh Kucing Anggora

Postur tubuh kucing anggora terlihat sangat ramping dan langsing atau orang jawa bilang “bongsor”, akan tetapi untuk badan kucing anggora jantan lebih besar daripada kucing anggora betina.

2. Bulu Kucing Anggora

Bulu Kucing Anggora
Gambar Bulu Kucing Anggora

Kalo dilihat, bulu kucing anggora terlihat panjang-panjang dan lebat dibagian tertentu seperti pada leher dan ekor.

Bulu kucing anggora yang lembut juga tumbuh sesuai dengan keadaan cuaca, jika cuaca dingin maka pertumbuhannnya akann lebih cepat, jika cuaca panas maka pertumbuhan bulu kucing anggora akan terlihat lebih pendek.

3. Telinga Kucing Anggora

Telinga Kucing Anggora
Gambar Telinga Kucing Anggora

Telinga pada kucing anggora ini berbentuk segitiga dan saling berdekatan kemudian di ujung telinganya terdapat bulu kucing yang panjang dan halus

4. Mata Kucing Anggora

Mata Kucing Anggora
Gambar Mata Kucing Anggora

Mata kucing anggora asli turki akan berwarna ganjil dengan salah satu berwarna biru dengan ras paling istimewa.

Jika kucing anggora mempunyai sepasang mata warna biru atau kuning dan tidak ganjil, masih lebih mahal dan ras tertinggi kucing anggora berwarna satu biru satu kuning atau biasa disebut odd eyes

5. Kepala Kucing Anggora

Kepala Kucing Anggora
Gambar Kepala Kucing Anggora

Coba perhatikan kepala kucing anggora terlihat ramping dan sangat unik tidak berbentuk bulat dan tidak tembem / gemuk.

6. Wajah Kucing Anggora

Wajah Kucing Anggora
Gambar Wajah Kucing Anggora

Kalau bagian wajah kucing anggora terlihat berbentuk segitiga terbalik mirip dengan kucing domestik atau biasa disebut kucing kampung.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang kucing kampung

7. Ekor Kucing Anggora

Ekor Kucing Anggora
Gambar Ekor Kucing Anggora

Terkait dengan bulu kucing anggora bahwa ada bagian tertentu yang lebat yaitu salah satunya pada ekor. Ekor kucing anggora terlihat lebat dan panjang-panjang seperti kemoceng untuk membersihkan debu hehe

8. Karakter Kucing Anggora

Karakter Kucing Anggora
Gambar Karakter Kucing Anggora

Sifat dari kucing anggora ini yaitu mudah bergaul, suka bermain, mudah penasaran (kepo), dan sangat aktif.

9. Hidung Kucing Anggora

Hidung Kucing Anggora
Gambar Hidung Kucing Anggora

Hidung kucing anggora mancung dan lubang hitungnya terlihat, mirip dengan kucing domestik atau kucing kampung.

10. Kaki Kucing Anggora

Kaki Kucing Anggora
Gambar Kaki Kucing Anggora

Kemudian untuk ciri-ciri kucing anggora terlihat pada kakinya yaitu kaki yang terlihat panjang dengan paha yang ramping dan kokoh.

11. Kelangkaan Kucing Anggora

Kelangkaan Kucing Anggora
Gambar Kelangkaan Kucing Anggora

Kucing anggora sangat langka dikarenakan di Turki sangat menghargai kucing anggora, sehingga untuk mendapatkan seekor kucing anggora dari Kebun Binatang Ankara juga sangat sulit.

12. Perkawinan Kucing Anggora

Perkawinan Kucing Anggora
Gambar Perkawinan Kucing Anggora

Kucing anggora ini memiliki aturan dalam hal perkawinan ras anggora harus sedarah karena untuk mempertahankan dari kucing anggora yang asli dan untuk mendapatkan kucing anggora yang memiliki warna ganjil sangat sulit.

Standar Ras Kucing Anggora

Standar kucing anggora atau pada umumnya memiliki warna bulu kucing anggora polos (solid), seperti warna putih.

Tubuh atau badan kucing anggora jantan harus lebih besar dari kucing anggora betina.

Tubuh kucing anggora harus panjang pada bagian belakang dan lebih tinggi daripada bagian depan.

Struktur tulang kucing anggora harus baik.

Bulu kucing anggora harus halus dan mempunyai ukuran sedang dengan kecenderungan meringkuk.

Bulu kucing anggora harus panjang dan lebar pada di bagian leher.

Kepala kucing anggora lebar pada bagian atas dengan dagu yang lancip.

Telinga kucing anggora lebar pada bagian dasar, lancip dibagian atas, dan tegak.

Mata kucing anggora sedikit miring ke atas dan mempunyai berbentuk almond.

Warna mata kucing harus kuning, bermata ganjil, atau biru.

Ekor kucing anggora harus panjang.

Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing
Gambar cara merawat kucing

Sebelum memulai ke cara perawatan kucing anggora, maka ada beberapa perlengkapan yang harus kamu miliki yaitu:

  1. Kandang kucing
  2. Makanan kucing
  3. Tempat makan kucing
  4. Tempat minum kucing
  5. Air minum matang
  6. Litter box (tempat pup kucing) dan serokan pembersih litter box
  7. Pasir kucing untuk pup (buang air besar)
  8. Sisir bulu kucing
  9. Shampoo khusus kucing
  10. Hair dryer
  11. Handuk kucing
  12. Lint rolling untuk membersihkan bulu kucing dari baju
  13. Sikat gigi kucing
  14. Pet carier untuk membawa kucing pergi seperti ke petshop untuk kontrol kesehatan,dll
  15. Parfum khusus kucing

Selain itu juga kamu harus mengetahui apa saja penyakit yang sering menyerang kucing anggora.

Berikut kumpulan informasi mengenai penyakit kucing

Cara merawat kucing anggora yang baik dan benar bukanlah hal yang susah dan bukan hal yang mudah dilakukan kok.

Apalagin merawat kucing ras yang punya ciri khas bulu panjang disekitar tubuhnya.

Kucing ras anggora Turki ini perlu perawatan yang teratur untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bulunya supaya tetap bersih, lembut dan lucu.

Berikut adalah perawattan kucing anggora secara umum yang bisa dilakukan:

1. Makanan dan Minuman

Makanan Dan Minuman Kucing
Gambar Makanan dan Minuman Kucing

Ketika kamu berniat untuk memelihara kucing maka hal pertama yang kamu pikirkan adalah makanan dan minumannya, karna dua hal penting tersebut merupakan sumber kehidupan makhluk hidup.

A. Makanan Kucing

Berikan kucing makanan yang menyehatkan, higienis, dan pastinya mempunyai dampak yang baik (positif +) untuk kucing kamu dan jangan lupa diberi tempat untuk makanan kucing yaah.

Hal yang perlu diperhatikan pada makanan kucing yaitu:

a. Jenis Makanan

Banyak sekali makanan kucing yang tersebar dengan berbagai merk dan variasi.

Lalu bagaimana cara memilih makanan kucing yang tepat?

Mari perhatikan terlebih dahulu umur kucing kamu

Jika umur kucing dibawah 3 bulan bisa berikan makanan basah khusus kitten dengan catatan anak kucing masih belum bisa mengunyah makanan kering. Biasanya kucing umur 1-2-3 bulan masih menyusui dan belum boleh untuk dimandikan.

Jika umur kucing sudah diatas 3 bulan maka bisa kamu berikan makanan kering dan basah yang bukan khusus untuk kitten, kucing umur 3 bulan lebih sudah bisa dimandikan dan biasanya sudah tidak menyusui.

Kemudian untuk jenis makanan basah dan kering memiliki kandungan tersendiri dan tidak semua makanan kucing cocok untuk kucing kesayangan kamu. Lebih baik mencoba dengan ukuran yang kecil, lalu perhatikan dampak setelah memakan yang kamu beri.

Beberapa point penting dibawah yang menandakan makanan kucing aman dan bagus untuk kucing kamu.

  • Kucing lahap memakannya dan nafsu makan naik (rakus).
  • Kucing tidak muntah.
  • Bulu kucing tidak rontok.
  • Membuat kucing gemuk.
  • Bulu kucing tumbuh baik dan semakin lebat.
  • Kucing tidak mencret (diare).

Itulah sedikit catatan penting yang harus kamu perhatikan, seiringnya waktu akan saya update informasinya sesuai dengan pengalaman dan teori yang mendasari dengan valid.

b. Gizi Makanan

Biasanya produk makanan kucing sudah ada takaran gizi yang disesuaikan berdasar standar gizi kucing.

Lalu berapa porsi harian yang ideal untuk kucing?

  • Jika kucing betina, asupan ideal seharinya adalah 300kcal/hari.
  • Jika kucing jantan, asupan ideal seharinya adalah 400kcal/hari.

Untuk mengatasi tempat makan yang penuh karena memberikan makanan terlalu banyak, kamu bisa membaginya menjadi 2 kali sehari atau 3 kali sehari seperti jadwal makan manusia.

Saat kamu sarapan pagi maka kucing juga diberikan makanan di pagi hari, begitu juga pada saat siang hari dan sore hari atau malam hari.

Kalau kucing kamu ingin tenang tidak berisik maka berikan kucing makanan sebelum tidur supaya kucing bisa tidur nyennyak.

Lalu bagaimana supaya kucing gemuk?

Berikut penjelasan lengkap cara membuat kucing gemuk.

B. Minuman

Tidak hanya soal makanan saja yang perlu diperhatikan, akan tetapi minuman untuk kucing juga harus diawasi, jangan sampai kucing kamu meminum air yang tidak higienis yang dapat membuat kucing diare.

Penyebab kucing diare apa? Cara mengobatinya bagaimana?

Simak informasi lengkap mengenai kucing diare

Berikanlah kucingmu minuman yang bersih dan matang di tempat minum supaya kucing kamu tetap terjaga kesehatannya.

Awas kucing meminum air wc/toilet hehe.

2. Tempat Tinggal

Tempat Tinggal Kucing
Gambar Tempat Tinggal Kucing

Selain pemberiann nutrisi, hal lain yang perlu diperhatikan yaitu tempat tinggal kucing

Biasanya kucing diberikan kandang sebagai tempat tinggalnya supaya kucing cepat gemuk, aman, dan nyaman.

Belum punya kandang kucing dan masih bingung?

Yuk baca informasi tentang model dan harga kandang kucing untuk referensi kamu yang ingin memberikan kandang kucing sebagai tempat tinggal peliharaan kamu.

Perlu diingat bahwa untuk kandang kucing diberi tempat yang luas yah! Supaya kucing kamu tidak kesempitan untuk tidur, makan dan minum, serta buang air kecil dan buang air besar.

Jika sudah memiliki kandang kucing, biasanya perlengkapan di dalam kandang kucing terdapat Litter Box dan pasir kucing untuk tempat pup kucing (kucing buang air besar dan buang air kecil) atau wc kucing.

Biangung mencari pasir kucing yang bagus dan wangi?

Berikut kami sediakan informasi rekomendasi pasir kucing termurah dan terbaik

3. Kebersihan

Kebersihan Kucing
Gambar Kebersihan Kucing

Pecinta kucing yang memelihara kucing tidak akan hanya memberi makanan dan minuman saja, tetapi kamu juga harus melakukan perawatan kucing lainnya yang bisa membuat kucingmu sehat, gemuk, dan lucu.

Memeriksa kesehatan kucing dan memandikannya secara rutin merupakan hal paling penting ke dua setelah memberikan kebutuhan nutrisi kucing yang baik.

Kucing harus dimandikan seminggu atau minimal satu bulan sekali supaya kucing tetap terjaga kebersihannya, shampoo kucing memiliki jenisnya masing-masing, ada shampoo khusus mengatasi jamur kucing dan ada pula shampoo kucing khusus mengatasi kucing terkena kutu.

Baca informasi lebih lengkapnya tentang Rekomendasi Shampoo Kucing, disitu membahas jenis-jenis shampoo kucing seperti anti kutu dan anti jamur, serta harga shampoo kucing dan kegunaannya.

Jika temen-temen pecinta kucing masih belum bisa memandikan kucing, kamu bisa pergi ke petshop untuk melakukan grooming kucing atau kamu bisa membaca cara memandikan kucing supaya kamu tidak salah langkah dalam hal melakukan grooming kucing sendiri dirumah.

Setelah kamu memandikan kucing, kamu harus membersihkan bagian telinga kucing dan memastikan kuku kucing tidak panjang dan bersih dari kotoran dua kali seminggu atau minimal seminggu sekali.

Selain itu juga harus diperhatikan kebersihan kandang kucing kamu baik itu Litter Box, tempat makan kucing dan tempat minum kucing supaya tetap bersih dari kotoran dan terhindar dari penyakit.

Jika kuku kucing panjang maka kucing dapat merusak perabotan dirumah kalian dan bahkan bisa melukai kamu jika kucing mencakar kulit manusia.

Kamu bisa memotong kuku kucing dengan teratur agar tidak berbahaya, silahkan lakukan cara memotong kuku kucing yang benar.

4. Vaksin

Vaksin Kucing
Gambar Vaksin Kucing

Vaksin untuk kucing dilakukan bertujuan meningkatkan daya tahan tubuh, pada saat ada paparan virus maka kucing kamu akan aman dari infeksi karena sudah mempunyai antibodi virus tersebut.

Jenis vaksin kucing bermacam-macam seperti vaksin rabies, FPV, FIP, FIV, Bordeteila, FeLV, dan Chlamydophila felis.

Vaksin yang diberikan untuk kucing sudah sesuai dengan anjuran dokter hewan dengan merk vaksin yang sudah memiliki ijin dan sudah dipastikan aman untuk kucing.

Vaksin pertama adalah untuk memberikan daya tahan tubuh dan dilakukan pada usia 8-10 minggu (usia sapih).

Vaksin kedua adalah untuk mencegah infeksi virus dan jamur diberikan pada usia 12-14 minggu, vaksin kedua adalah booster dari vaksin pertatma.

Vaksin ketiga adalah untuk mencegah virus rabies dan diberikan pada usia 16 minggu sekaligus untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Biasanya vaksinasi kucing dilakukan berulan setiap tahun untuk mencegah serangan virus.

5. Hiburan

Hiburan Kucing
Gambar Hiburan Kucing

Buat pecinta kucing pasti sangat suka ketika sedang bermain dengan kucing, kucing juga membutuhkan hiburan supaya kucing tidak bosan.

Kucing anggora adalah kucing yang sangat aktif dan kucing pintar, selain itu juga memiliki rasa ingin tahunya besar dan tangkas.

Berikanlah kucing tempat yang tinggi untuk bermain seperti rak yang disusun di dinding karena kucing ini suka naik di tempat yang tinggi.

Berikan juga tiang yang dilapisi tali kasar untuk memanjat dan tempat mencakar kucing (garukan kucing) supaya tidak merusak perabotan yang ada dirumah seperti sofa, dan lemari.

Kucing ini lebih senang duduk dilantai di sekitar pemiliknya, selain itu juga kucing anggora akan marah jika dipegang terlalu lam dalam satu waktu, berbeda dengan memelihara kucing anggora dari anakan sampai berumur 3 bulan bahkan hingga dewasa, akan lebih jinak dan lebih suka dipegang.

Kesehatan Kucing Anggora

Kesehatan Kucing
Gambar Kesehatan Kucing

Kucing anggora adalah ras kucing alami, kucing anggora merupakan kucing yang kuat dan tidak mempunyai masalah kesehatan tertentu lho!

Namun, terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang kucing anggora adalah limfoma, tuli, kardiomiopati hiptertrofik, ataksia, dan dislokasi tempurung lutut kucing.

Seperti pada umumnya, harapan hidup kucing anggora bisa mencapai 15 tathun bahkan lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *