Pos

Kucing Birahi

Kucing Birahi – Birahi kucing adalah kucing yang sedang mengalami birahi biasanya bertanda bahwa kucing betina tersebut dalam masa subur dan sudah siap untuk dikawinkan dengan kucing jantan.

Kucing betina mulai birahi pada umur 4 bulan dan tubuhnya sudah mencapai 80% berat badan kucing dewasa yaitu 2,5 kg.

Kucing Birahi
Gambar Kucing Birahi

Ciri-Ciri Kucing Birahi

Bagaimana supaya kita tahu apa saja ciri-ciri kucing birahi? Berikut adalah tanda-tanda kucing birahi:

  1. Cari perhatian
  2. Mengeong berlebihan
  3. Tidak betah dirumah
  4. Sering menjilat kelamin
  5. Bertingkah genit

Masa Birahi Kucing

Terdapat 5 tahap siklus birahi pada kucing yaitu Proestrus, Estrus, Interestrus, Metestrus atau Diestrus.

Proestrus

Proestrus adalah dimana kucing betina atau jantan akan menunjukkan perubahan perilaku untuk mencari perhatian lawan jenisnya dengan cara mengeong, berguling di lantai sampai menggesekan badannya ke benda apa saja yang ada di sekitarnya.

Biasanya tahap proestrus berlangsung 1-2 hari.

Estrus

Estrus adalah masa kucing betina terjadi perubahan fisik contoh kucing menjadi malas, mogok makan, badan lebih hangat dan suhunya tetap stabil, dan organ reproduksinya yang terlihat membengkak dan kemerahan.

Selain itu juga kucing tidak betah dikandang, jika ingin kucingnya anteng (tenang di dalam kandang) maka kucing dimandikan, karena kucing sedang birahi boleh dimandikan, berbeda jika kucing yang sedang hamil, apalagi setelah melahirkan tidak boleh dimandikan baik itu induk kucing sudah divaksin maupun belum vaksin

Biasanya tahap estrus berlangsung 3-14 hari dan umumnya tidak berhenti hingga kucing dikawinkan

Interestrus

Interestrus adalah masa diantara siklus estrus, jika kucing betina tidak dikawinkan maka rentang waktunya 2-3 minggu pada masa ini, jika kucing jantan akan lebih singkat sekitar 1-2 minggu.

Setelah masa interestrus berakhir maka akan segera memasuki ke tahap estrus atau birahi kembali.

Metestrus (Diestrus)

Metestrus adalah masa periode terakhir dari siklus birahi kucing dan bisa dibilang ini lagi masa aman loh!

Biasanya tahap metestrus berlangsung antara 30-40 hari. Jika berhasil kawin makan kucing betina akan menolak lawan jenisnya.

Maksudnya jika terjadi kehamilan maka akan memasuki masa kehamilan antara 62-65 hari hingga melahirkan.

Kucing yang sedang hamil tidak boleh mandi karena bikin kucing keguguran dini dan bahkan bisa mati, selain itu juga semua makanan ringan berat maupunn minuman harus tetap steril supaya kucing tetap sehat dan bersih agar terhindar dari penyakit jamur dan kucing tidak keracunan bahkan sampai muntah kuning, lalu bagaimana kalau terdapat jamur pada kucing? Berikan vco untuk kucing untuk mengobatinya.

Kamu juga boleh menambahkan vitamin e yang berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, mata, sel darah, dan otak.

Untuk rekomendasi makanan kucing yang bagus total tersedia 4 varian yaitu Mackerel FlavorOcean Fish FlavorTuna Flavor, dan Salmon FlavorCat Foot ini sudah ter-sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand

Berapa lama kucing betina birahi? Kucing betina mengalami birahi setelah berumur 7-8 bulan atau 10-11 bulan.

Berapa hari birahi kucing betina? Berlangsung selama kurun waktu 4-10 hari atau paling pendek yaitu 4-5 hari.

Siklus birahi kucing betina adalah setiap 1 bulan atau 2 hingga 3 bulan setelahnya.

Berapakah lama kucing jantan birahi? Kucing pejantan baik itu persia, anggora, kampung atau jenis kucing lainnya biasanya berumur 1 tahun lebih.

Bisakah kalau kucing jantan birahi dibiarkan? Jawabanya bisa akan tetapi kucing laki-laki berisik dan biasanya mengeluarkan suara yang keras, sering mengeong, dan ingin menaiki kucing betina saat melihatnya, akan tetapi jika sudah terlalu birahi bisa bahaya loh! Kucing pejantan mau mengawini kucing yang ada di depannya entah itu kucing wanita atau pria.

Sudah pasti berkelahi dan cepat marah dan gak mau berdekatan.

Apakah penting melakukan sterilisasi kucing? Jika pemilik kucing tidak ingin memelihara kucing dalam jumlah yang banyak maka hal ini menjadi sangat penting, dan sterilisasi kucing juga dapat mengurangi resiko penyakit menular yang disebarkan oleh kucing.

Kapan musim kawin kucing? Pada pertengahan musim semi hingga akhir musik panas. Jika sudah mengetahui ciri atau tanda kucing birahi maka segera untuk menenangkan dan cepat jodohkan kucing jika kucing masih jomblo tanpa harus disuruh. 

Kalau tidak seperti itu maka kucing akan kabur dari rumah untuk mencari kucing lawan jenis, hati-hati kucingmu pergi bisa hilang asal jangan kucing berkelahi togel haha.

Bolehkah kucing birahi dikawinkan dengan kucing induk kucing? Boleh, karena hewan yaa tidak mengenal silsilah dan aman-aman saja hehe. Kurang lebihnya itu masa birahi kucing

Cara Mengatasi Kucing Birahi

Langkah mudah cara mengatasi kucing birahi agar tidak berisik

  • Langkah pertama: Pisahkan dengan kucing lawan jenis. Kenapa? 
    • Jika kucing betina maka akan cari perhatian kucing jantan dengan cara mengulet di lantai, menggesekan ke badannya bahkan sampai nungging-nungging di depan kucing betina. 
    • Jika kucing jantan maka akan mengejar terus dan menerkam kucing betina untuk dikawinkan.
  • Langkah kedua: Tutup semua akses keluar rumah (pintu dan jendela rumah). Karena kucing yang birahi pasti akan selalu girang tidak tenang dan gimana caranya kabur dari rumah agar bisa kawin.
  • Langkah ketiga: Berikan makanan yang cukup. Jika kucing diberikan makanan yang banyak maka kucing akan mengantuk dan nafsu birahi turun.
  • Langkah keempat: Gunakan catnip untuk membuat kucing tenang karena Catnip adalah tanaman herbal yang wangi.
  • Langkah kelima: Memutar musik juga dapat menenangkan hewan termasuk kucing, lagu instrument dengan nuansa alam adalah pilihan tepat.
  • Langkah keenam: Kebersihan merupakan salah satu faktor untuk menurunkan birahi kucing, bersihkan Litter Box dan area sekitar kandang atau yang biasa di tempati oleh kucing, buat lingkungan menjadi supaya spraying (pipis kucing) yang dilakukan kucing hilang.
  • Langkah ketuju: Obat penurun birahi kucing adalah tips jitu mengatasi kucing birahi, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter hewan terdekat, obat ini biasa di temukan di PetShop.
  • Langkah kedelapan: Sterilisasi adalah langkah terakhir yang dilakukan. Karena cara ini merupakan cara menghilangkan birahi kucing secara permanen dan efektif.

Obat Birahi Kucing

Berikut adalah daftar obat birahi kucing.

Nama ObatHarga
AntilibRp 33.000
Ovula C Cat 30ml Vitamin HerbalRp 17.500
EstopetRp 30.500
Best Hormo DropRp 24.500
NanjoRp 27.000
HormovitRp 50.000
Daftar Tabel Harga Obat Birahi Kucing

Itulah informasi mengenai cara mengatasi kucing birahi yang sudah kamu baca, semoga informasi ini membawa manfaat buat kalian pembaca setia sukakucing.com. Terimakasih banyak.