Pos

Kucing Sariawan

Kenapa kucing sariawan? Identifikasi terlebih dahulu apakah hanya sariawan tidak disertai radang gusi dan hidung berair? Kalau iya berarti kucing terkena virus Feline Calici Virus (FCV), lantas apa perbedaan dengan FHV (Feline Herpes Virus)? Bacanya dilanjutin sampai selesai yah!

Kucing Sariawan

Penyakit sariawan pada kucing biasanya terjadi di bagian dalam dinding mulut, dan pada umumnya karena kekurangan vitamin C. Baca juga tentang rekomendasi vitamin kucing.

Kucing Sariawan
Gambar Kucing Sariawan

Penyebab Kucing Sariawan

Berikut kumpulan penyebab kucing sariawan sebagai berikut:

1. Kurang asupan cairan (minum)

Kucing yang kekurangan cairan atau jarang dikasih minum secara tidak langsung menjadi salah satu gejala kucing sakit sariawan karena dehidrasi. Baca juga tentang cara mengatasi kucing dehidrasi.

2. Masalah mulut

Masalah yang terjadi pada mulut atau bibir yang lama dibiarkan pada kucing paling bisa menjadi tanda kucing terkena sariawan.

3. Luka dalam

Akibat luka berdarah di dalam mulut baik itu kucing persia, kucing kampung atau ras kucing lainnya dapat membuat kucing demam dan sariawan, apalagi jika kucing sampai luka parah bakalan lama untuk sembuh.

4. Virus

Beberapa virus seperti Feline Calici Virus (FCV), Feline Panleukopenia Virus (FPV), Feline Herpes Virus  (FHV-1), Rabies Virus (RV), menjadi faktor terkenanya kucing sariawan dan untuk penanganan atau pengobatan harus serius karena biasanya kalau penyakkit ringan kucing akan sembuh sendiri, kalau ini harus dengan bantuan dokter hewan untuk mengobati supaya kucing cepat sembuh dan hasilnya bagus.

5. Sering mengkonsumsi makanan basah (wet food)

Makanan basah yang dikonsumsi berlebih juga tidak baik untuk kesehatan kucing, berapa contoh terlalu banyak makan makanan basah seperti kucing muntah – muntah, kucing tidak mau makan, kucing sariawan,dll

6. Perubahanan Makanan

Makanan yang berubah secara alami akan sangat terlihat, apakah masih fresh atau tidak, makanan yang masih segar justru memiliki banyak manfaat loh! Ciri2 makanan yang masih layak dimakan yaitu tekstur yang padat tidak lembek bahkan berair, warna makanan masih cerah, bau sedap membuat nafsu makan kucing naik,dll. 

Lantas bisakah perubahan makanan menyebabkan kucing sariawan? Jawabanya bisa, karena makanan yang sudah tidak layak dimakan akan menyebabkan bakteri yang dapat menimbulkan sariawan pada anak kucing.

Ciri – Ciri Kucing Sariawan

Terdapat kurang lebihnya 5 ciri – ciri kucing sariawan antara lain:

  1. Kucing tidak mau makan
  2. Radang bagian mulut dalam
  3. Mulut selalu terbuka
  4. Mulut bau tidak sedap
  5. Mulut dan lidah berliur berlebihan
  6. Halitosis (bau mulut)
  7. Penurunan berat badan
  8. Lesu
  9. Melepeh atau menjatuhkan makanan saat makan
  10. Kucing tidak mau minum
  11. Sering mengusap wajahnya di dekat area mulut
  12. Hipersalivasi (air liur berlebih)
  13. Tida mau mandi atau grooming sendiri
  14. Gusi berdarah dan mulut bengkak
  15. Kemerahan pada gusi, tenggorokan dan lidah.

Cara Mengatasi Kucing Sariawan

Beberapa cara mengatasi kucing sariawan secara alami dan tidak yaitu:

1. Menjaga kebersihan mulut kucing

Kucing yang sakit sariawan ringan bisa diatasi dirumah dengan cara rutin membersihkan gigi dan rongga pada mulut kucing sehingga tidak membuat mulut kucing bau, penumpukan plak gigi.

Untuk menggosok gigi bisa menggunakan sikat bayi yang ukurannya kecil dan untuk pasta gigi ada yang khusus untuk kucing loh! Kalau tidak ada cukup dengan sikat aja. Baca juga tentang cara membersihkan gigi kucing.

2. Pencabutan gigi

Mencabut gigi di sekitar jaringan yang meradang, bisa mengurangi peradangan sekaligus bakteri di mulut kucing yang mengumpul, akan tetapi harus dengan bantuan dokter untuk mencegah infeksi dan pembengkakan lebih lanjut.

Biasanya dokter akan melakukan diagnosis seperti pemeriksaan fisik, tes urin, tes darah, dan rontgen mulut. Baca juga tentang cara mencabut gigi kucing.

3. Mengganti asupan makanan kucing

Kucing yang kesulitan mengunyah dan menelan karena tekstur makanan yang tidak cocok seperti kekerasan yang dapat membuat luka dimulut kucing sehingga dapat membuat sariawan bahkan memperparah dan membuat kucing tidak mau makan.

Oleh karena itu kucing membutuhkan asupan dan bisa memberikan melalui selang makanan supaya dapat masuk ke kerongkongan kucing. Dokter pada umumnya meresepkan suplemen atau vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Baca juga tentang cara membuat makanan kucing.

4. Obat – obatan

Obat dapat mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit yang ditimbulkan sariawan. Biasanya Dokter hewan akan merekomendasikan obat-obat medis seperti Antibiotik. Baca juga tentang daftar obat sariawan kucing

5. Grooming

Kucing sariawan akan sulit untuk membersihkan badannya sendiri, karena biasanya kucing grooming menggunakan lidah kasarnya untuk memandikan badan kucing dan membersihkan bulu kucing yang rontok. Baca juga tentang cara memandikan kucing dan cara mengatasi bulu kucing rontok.

Obat Sariawan Kucing

Obatnya kucing terkena sariawan kamu bisa pergi ke apotik atau petshop untuk membeli obat sariawan kucing fresh breath. Atau sebelum membelinya silahkan konsultasi kepada dokter hewan, dan biasanya dokter akan memberikan rekomendasi atau tips – tips ampuh, aman supaya kucing anggora cepat sembuh bisa dengan obat herbal (tradisional).

Jangan malah memberikan obat sembarang seperti kumis kucing apalagi pakai gom bening atau violet jelas tidak cocok buat kucing, yaa walaupun terdapat manfaat kumis kucing untuk sariawan akan tetapi untuk manusia. Kamu bisa menggunakan obat sariawan kucing rainbow di online shop atau petshop terdekat untuk menyembuhkan.

Jangan lupa untuk membaca cara pemakaian dan pilihlah harga yang sesuai dengan kantong dompet kamu ya!

Daftar Obat Sariawan Kucing

  1. Kandistatin
  2. Amoxcillin
  3. Kunyit
  4. Subkutan / Inframaskular
  5. Oxyfresh pet gel
  6. Salep kandistatin
  7. Madu
  8. Susu
  9. Bufacomb
  10. NSAID (Non Steroid Anti-Inflamasi)
  11. Steroid
  12. Topikal

Ingin membeli obatnya? Silahkan hubungi jual obat sariawan kucing.

Video Cara Mengobati Kucing Sariawan

Itulah beberapa info lengkap seputar kucing sariawan, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat buat kalian semua, jika dari temen-temen mempunyai komentar baik untuk menambahkan atau memperbaiki informasi ini, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini atau bisa hubungi kami di contact yang telah disediakan di website sukakucing.com. Terimakasih pecinta kucing!