Pos

Kucing Tidak Mau Makan

Kucing Tidak Mau Makan – Kenapa kucing tidak mau makan? Apa si yang dapat menyebabkan kucing tidak mau makan dan bagaimana cara agar kucing mau makan? Hilangnya nafsu makan kucing sering disebabkan oleh penyakit.

Bahkan gejala pada kucing tidak mau makan sering mengalami infeksi sakit gigi, gagal ginjal, infeksi kanker dan pankreas serta masalah pencernaan.

Kucing tidak mau makan

Kucing Tidak Mau Makan
Gambar kucing tidak mau makan

Berikut adalah alasan mengapa kucing tidak nafsu makan sampai lemas dan muntah lalu ada yang sampai tidur terus.

Penyebab kucing tidak mau makan

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan
Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Terdapat 11 point kenapa kucing tidak mau makan :

1. Stress

Kucing stress juga menjadi salah satu penyebabnya kucing tidak mau makan, karena ketika kucing insecure atau merasa tidak aman sehingga kucing gak mau mau makan. Baca juga tentang cara mengatasi kucing stress

2. Penyakit gigi atau gusi

Gusi yang terluka, berair ngiler akibat benda asing juga bisa menyebabkan kucing mogok makan, apalagi kucing sampe terkena penyakit mulut yang membuat gigi kucing sulit mengunyah makanan kucing. Baca juga tentang kucing sariawan

3. Penyakit sistem pencernaan

Pernahkah kamu melihat kucing diam tetapi pupil mata kucing melebar? Pupil kucing yang melebar tanpa sebab dan diam adalah suatu pertanda bahwa ia sedang menahan rasa sakit biasanya kucing tidak mau makan dan muntah atau lemas.

Perlu diingat bahwa kucing selama sakit tidak boleh mandi.

Sakit yang dirasakan biasanya karena luka luar atau dalam, akan tetapi jika luka luar tidak ditemukan maka sedang merasakan sakit perut yg biasanya karena terkena virus salah satunya yang membuat kucing cacingan. Baca juga tentang kucing sakit perut

4. Bau makanan

Bau makanan kucing merupakan faktor utama penentu nafsu makan kucing, jika bau tidak mengundang nafsu makan kucing maka kucing enggan makan loh.

Oleh karena itu berikan makanan kucing yang baunya membuat kucing mau makan dan setelah itu makanan kucing disimpan dengan benar dan aman supaya makanan kucing tetap segar dan nafas kucing tidak bau. Baca juga tentang cara mengatasi mulut kucing bau

5. Makanan basi

Ini apalagi masa kucing mau dikasih minum dan makanan kering basi sih! Kamu harus selalu cek waktu kadaluarsa makanan kucing supaya kucing memakan makanan kucing yang fresh, steril dan sehat.

Kenapa? Jika kucing kamu sekali memakan makanan yang basi berwarna kuning kusam dan berlendir maka kucing kamu akan keracunan. Baca juga tentang kucing keracunan

Kucing kamu juga tidak boleh memakan tikus got, sekalipun cuma sedikit dan tidak banyak, akan tetapi itu menjadi kucing pingsan tidak mau makan berhari – hari bahkan bisa saja mati. Karena tikus got tumbuh dilingkungan yang kotor, otomatis makannya juga di tempat kotor ya! 

6. Berada di lingkungan baru

Kucing juga mempunyai kebiasaan loh, seperti rutinitas sehari-hari atau lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kucing, yang biasanya lagi lincah dan aktif tapi menjadi terengah – engah, ngumpet, lesu, gemetaran dan berat badan turun serta menjadi cepat kurus ketika pindah rumah yang masih baru,jangan sampai kucing kamu terkena gejala flutd karena stress yang bisa membuat kucing kamu harus di operasi, berbeda saat di tempat yang lama. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor hilangnya nafsu makan kucing. Baca juga tentang kucing stress

7. Menelan benda asing

Kucing yang menelan benda asing baik itu hewan bisa menyebabkan kucing keracunan, jika benda yang ditelan itu keras maka dapat membuat luka pada area mulut kucing. Bahkan memiliki skenario terburuk dapat membuat kucing kamu mati, yaiyalah kucing mati jelas tidak bisa makan dong.

Jika karena grooming kucing, hal ini disebabkan bulu yang tersangkut di dalam perut atau usus, jika ada benda asing yang terbawa pada bulu kucing maka itu menjadi masalah kucing tidak mau makan dan tidur terus. Baca juga : penyebab kucing tersedak

8. Penyakit sistem pernapasan

Penyakit pernapasan dapat menyumbat hidung dan kucing sakit mata sama dengan keluarnya kotoran coklat, sehingga dapat mengakibatkan pembatasan bahkan kehilangan penglihatan serta bau sementara. Baca juga tentang penyakit mata pada kucing

Gimana kucing mau makan, kucingnya aja gabisa nyium aroma bahkan kesulitan bernapas. Kasian banget cing.

9. Vaksinasi

Vaksin untuk kucing memang bagus untuk kekebalan tubuh dan kesehatan si kucing, akan tetapi ada beberapa kasus bahwa reaksi negatif (efek samping) dari suntikan vaksin ini dapat menyebabkan kucing tidak mau makan dan lemas. Baca juga tentang vaksin untuk kucing

10. Bentuk atau tekstur makanan

Tekstur atau bentu dari makanan adalah hal yang paling utama dilihat ketika kita melihat makanan, disitu kita bisa menilai bahwa hanya penampilan saja sudah dapat menggambarkan rasa dari makanan yang akan di makan.

Contohnya aja dari makanan kucing kering yang mirip dengan pur, pelet, (dry food) berapa merk royal canin, me-o cat, bolt, atau lainnya memiliki bentuk makanan yang bervariasi seperti bentuk ikan, segitiga, bintang, bulat dan ini berbeda dengan wet food (makanan basah) yang cenderung lunak dan bisa dicampuri dengan nasi supaya banyak dan dilahap habis. Baca tentang harga makanan kucing

11. Rasa makanan

Setelah melihat dari tekstur atau bentuk, soal rasa juga menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan loh! Jika makanan yang diberikan rasanya itu itu saja maka kucing akan cepat bosan, segeralah ganti makanan kucing lebih disukai kucingmu. Baca juga tentang kucing bosan.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan
Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Bagaimana dan apa solusinya kucing tidak mau makan? Begini cara mengatasi kucing tidak mau makan:

1. Pancing nafsu makan

Solusi pertama atasi kucing ga mau makan itu mudah kok, dengan cara menyodorkan makanan yang biasa dimakan ke dekat hidungnya atau bisa mengoleskan makanan basah atau daging ayam, sapi atau ikan di mulut atau hidungnya.

Bau makanan kucing yang lezat ini diharapkan dapat memancing nafsu makan kucing

2. Berikan variasi makanan

Kita bisa memberikan varian makanan yang bermacam-macam loh! Seperti nasi panas atau hangat dengan makanan basah yaa jangan dengan biskuit untuk kucing kampung, kecil, persia, liar, anggora, hutan, karena nanti bakalan melempem.

Beberapa kucing menyukai makanan tersebut dan cepet membuat kucing gemuk dan sangat bagus untuk induk kucing pasca melahirkan karena dapat memberikan susu yang banyak untuk bayi atau anak – anaknya umur 1 – 3 bulan jalan sebelum bisa diadopsi.

Akan tetapi tidak semua kucing bisa diberikan makanan yang dicampur dengan nasi karena bisa membuat bulu kucing rontok, mencret. Baca juga tentang cara membuat kucing gemuk.

Dulu aku pernah coba makanan kucing yang basah pake royal canin rasa ikan tuna untuk yang dewasa. Terus kok ini kucingku lama – lama bosen

Terus aku ganti whiskas rasa ikan tuna yang kitten.

Ternyata kucingku lebih suka yang untuk kitten karena teksturnya lebih lembut, rasanya lebih membuat kucing nafsu makan dan dapat mengatasinya.

3. Suapi Kucingmu

Cobalah untuk menyuapi kucingmu jika sakit atau lemas supaya tetap mendapatkan asupan nutrisi makanan yang cukup.

Terutama untuk ibu kucing yang sedang hamil dan mau lahiran atau menyusui biasanya sangat suka untuk disuapi akan tetapi jika kucing sudah melahirkan malahan makan plasenta atau ari – ari. Baca juga tentang kucing melahirkan.

Kucing jantan membantu untuk membersihkan bulu kucing betina yang terkena kotoran darah, berbeda saat kucing birahi akan lebih berisik dari biasanya. Baca juga tentang kucing birahi dan bahaya bulu kucing.

Supaya kucing bisa melahap makanan dengan baik, kamu harus memperlakukan kucing tidak mau makan dan tidur terus dengan lembuat dengan cara memegang kepala kucing lalu masukkan suntikan makanan cair dari samping mulut dan tekan suntikan yang berisi makanan secara perlahan.

4. Obati penyakit mulut

Obatnya manusia juga dapat buat kucing sakit penyakit mulut loh! Tetapi jangan asal kasih obat loh, nanti malah gatau obat apa seperti obat cacing atau obat flu pilek malahan dikasihin kucing, jangan sampai salah obat. Baca artikel utama tentang mulut kucing bau.

5. Berikan vitamin

Silahkan baca: Rekomendasi Vitamin Kucing

Berikan vitamin yang memiliki kandungan B kompleks dan lysin (asam amino lisin), kamu bisa membelinya di apotik terdekat seperti Becombion, Biolysin, Lysmin dan takarannya untuk anak-anak.

Sebelum memberikan vitamin untuk kucing. Berikkan makan dulu supaya nggak iritasi pada lambung kucing dan supaya kucing tidak muntah.

Vitamin yang diberikan bermanfaat sebagai penambah nafsu makan pada kucing tidak mau makan dan lemas bisa juga untuk mencegah kucing flu atau virus herpes.

6. Ajak kucing bermain

Berikan tali, atau bola kertas kemudian lempar-lemparin ke kucing terus ajak supaya nangkap talinya.

Aktivitas ini untuk mencegah kucing menjadi bosan dan lebih aktif, karena hal ini berpengaruh terhadap nafsu makan kucing. Baca tentang : kucing bosan.

7. Berikan tempat yang nyaman

Kucing adopsi membutuhkan adaptasi di lingkungan baru, karena biasanya kucing tertekan atau stress. Oleh karena itu buatlah sikucing nyaman di lingkungan tempat tinggal yang baru.

Jika sudah membaik maka berikan makanan secara teratur.

Misalnya, aku kasih kandang kucing kemudian aku gantungin mainan bola di kandangnya.

8. Tube Feeding

Tube feeding adalah pemberian makan dengan cara memasukkan makananya langsung ke dalam perut melalui selang.

Cara ini dilakukan disaat keadaan darurat saja jika sudah banyak cara yang kamu coba tetapi belum berhasil.

Sebelum melakukannya, kalian harus selalu berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli dalam bidang kesehatan kucing.

9. Bawa ke dokter

Sayangi kucing kamu, jika kucing sakit dan memiliki masalah lambung bahkan masalah yang tidak kamu ketahui dan kucing masih tidak mau makan juga.

Segera pergi ke dokter hewan, jangan tergesa – gesa dalam menangani kucing sampai hasilnya tiba, karena takut menambah masalah sendiri.

Lalu untuk kasus si kucing mau makan ikan lagi brain test itu gimana? Bisa langsung ditanyakan ke dokter hewan karna sayapun takut salah njelasinnya.

Lantas bagaimana cara mengobati kucing tidak mau makan?

Obat Kucing Tidak Mau Makan

Obat Kucing Tidak Mau Makan
Obat Kucing Tidak Mau Makan

Obat Kucing Tidak Mau Makan Herbal (Alami) dan Tidak Alami

Banyak yang bisa dijadikan jamu kucing tradisional, sebagian besar menggunakan bahan untuk manusia akan tetapi untuk takaran atau dosisnya disesuaikan.

  1. Madu murni dapat mengobati kucing terkena flu dan demam
  2. Air kelapa segar dapat mengobati kucing muntah – muntah, demam atau panas, keracunan (berliur), tidak mau makan dan lemas, sering menjulurkan lidah, tidur terus menerus.
  3. Kuning telur ayam mentah dapat mengobati kucing terkena flu, lemas tidak mau makan dan tidur terus, tidak aktif, terlalu kurus.
  4. Minyak VCO dapat mengobati luka luar seperti memar, lecet, serangan jamur, dan serangan kutu.
  5. Bubur beras merah dapat mengobati kucing lemas dan imun tubuh lemah.
  6. Obat cacing dapat mengobati kucing terkena cacing atau cacingan, tidur terus, badannya kurus.
  7. Susu kucing dapat mengobati kucing keracunan.
  8. Multivitamin dapat mengobati imunitas kucing rendah.
  9. Air minum matang dan bersih dapat mengobati kucing diare, lemas,muntah dan dehidrasi.
  10. Makanan kering dapat mengobati kucing mencret.
  11. Hangatkan tempat tidur kucing dapat mengobati kucing flu.
  12. Oralit dapat mengobati kucing diare atau mencret.
  13. Raw food dapat mengobati kucing kekurangan nutrisi, lemas dan susah makan.
  14. Bersihkan kandang kucing dapat mengobati kucing terkena bakteri, virus, flu, diare, dan muntah.
  15. Bawa ke Dokter Hewan untuk mendapatkan penanganan khusus jika beberapa poin di atas menunjukkan hasil yang tdk baik.

Itulah beberapa tips cara untuk mengobati kucing sakit lemas, demam, muntah, diare, flu, dan ngga mau makan yang bisa dilakukan sendiri sebelum dibawa ke dokter hewan untuk ditangani langsung ahli nya.

Video Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Pertanyaan seputar kucing tidak mau makan

Kenapa kucing tidak mau makan dan lemas?

Bisa karena dehidrasi, keracunan, flu, stress, dan bosan.

Kenapa kucing tidak mau makan dan muntah?

Kalau ini biasanya karena kucing keracunan, dan flu.

Kenapa kucing tidak mau makan hanya minum saja?

Karena kucing dehidrasi

Kenapa kucing tidak mau makan dan mencret?

Makanan kucing tidak cocok untuk kucing

Kenapa kucing tidak mau makan tapi tetap aktif?

Membutuhkan hiburan, kalau udah cape juga bakalan makan dan minumnya banyak.

Kenapa kucing ga mau makan whiskas?

Faktor utamanya emang tidak cocok, bisa juga karena bosan dan ingin ganti makanan variant lain.

Apa penyebab kucing tidak mau makan dan lemas?

Banyak sekali penyebabnya, silahkan baca informasi di website sukakucing.com mengenai penyebab kucing tidak mau makan.

Kenapa kucing diam dan tidak mau makan?

Kucing diam bisa karena ngantuk, kecapean, kepanasan, keracunan, panas dan flu.

Kucing sakit tidak mau makan apa obatnya?

Telusuri dulu apa penyebabnya baru bisa menemukan solusinya, karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Terimakasih sudah meluangkan untuk membaca informasi mengenai kucing tidak mau makan, jika ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf, atau informasi yang perlu di revisi bisa tinggalkan komentar. Yuk Sharing!