Perawatan Pohon Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Perawatan Pohon Jambu Air Agar Cepat Berbuah – Menanam jambu biji itu mudah sehingga siapapun bisa melakukannya. Selain bisa langsung ditanam di tanah, bisa juga ditanam di dalam pot atau biasa dikenal dengan tabalampot atau buah dalam pot.

Siapkan pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran tanaman. Jika bibit tanaman masih kecil, Anda harus mulai dengan ukuran pot. Agar saat tanaman tumbuh, pot bisa diletakkan kembali, beserta ajir untuk memperbaiki media tanam.

Perawatan Pohon Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Perawatan Pohon Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Aspek penting yang perlu diperhatikan saat memilih pot adalah memastikan pot memiliki lubang di dasar pot untuk mengalirkan kelebihan air setelah disiram agar akar tidak tenggelam.

Jual Bibit Cepat Berbuah Jambu Madu Merah Grosir Bibit Unggul Pohon Okulasi

Alas tabulampot yang baik harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan bagian bawah pot dengan tanah. Ini penting untuk air dan memudahkan pelacakan agar akar tanaman tidak masuk ke tanah, jika pot yang Anda miliki tidak memiliki kaki, gunakan batu bata atau sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

Berikan sekitar 50 gram pupuk SP-36 dan KCI pada saat tanaman sudah mulai memasuki masa reproduktif. Anda juga dapat menambahkan 0,5-1 kg pupuk kandang setiap 2-2,5 bulan pada musim hujan atau setiap 3 bulan sekali pada musim kemarau. Cara lain adalah dengan menambahkan 15 kg/pot kotoran domba dan 100-150 gram SP-36 setiap 3-4 bulan setelah kontak pertama. Pemupukan dilakukan di tabalampot yang baru direstorasi. Pupuk yang diberikan berupa NPK dosis 15:15:15 per 10 gram pot. Saat tabulampot sudah berbuah, terus berikan pupuk secara rutin agar berbuah sepanjang tahun. Pemupukan Urea, TSP dan KCI dilakukan 2-3 kali sebelum munculnya bunga dengan perbandingan 1:2:1 untuk setiap pupuk sebanyak 15 gram. Berikan juga pupuk daun seminggu sekali untuk tanaman yang menghasilkan biji.

Pengendalian hama dan penyakit pada tabalampot harus dilakukan dengan cepat yaitu dari pemilihan bibit. Benih berkualitas tinggi seringkali tahan terhadap hama dan penyakit tertentu. Beli benih dari sumber terpercaya dan miliki sertifikat benih.

Pencegahan hama dan penyakit juga dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan peralatan tanam dan taman. Gulma dan semak di sekitar kebun dapat menyebabkan hama dan penyakit.

Boster Jambu Air/booster Perangsang Buah Jambu Air

Jika kepik sudah terserang serangga atau penyakit, langkah pertama bisa dilakukan secara manual, misalnya dengan membuang ulat yang menyerang atau memangkas cabang yang sakit.

Saat kepik menghasilkan buah, lindungi buah dengan plastik atau jaring pelindung, atau bisa juga memasang perangkap serangga, seperti feromon hormon untuk menjebak lalat buah.

Penyemprotan tabulampot dengan pestisida menjadi masalah, karena tabulampot sering ditanam di kebun-kebun dekat pemukiman penduduk. Pestisida tentunya akan sangat berbahaya dan mencemari lingkungan sekitar. Jadi, selalu gunakan pestisida organik.

Perawatan Pohon Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Jika stres berat, pestisida kimia dapat disemprotkan. Hati-hati, baca aturan dan dosis dengan hati-hati. Fumigasi harus dilakukan dengan hemat.

Panduan Umum Budidaya Jambu Air

Anda dapat setiap kali tunas baru muncul. Pemangkasan dapat dilakukan dengan membuang hingga empat daun dan kuning telurnya di setiap cabang. Pemangkasan dilakukan pada akar bersamaan dengan penanaman kembali dan disertai dengan pengurangan daun. Hal ini membantu mengurangi laju respirasi pada tabulampot jambu air.

Terapkan ZPT saat tanaman berumur satu tahun. Campurkan juga pupuk daun yang diberikan setiap tiga minggu sekali. Dosis ZPT yang digunakan sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan. Keluarkan larutan dari pot sampai seluruh media basah dan lembab.

Terapkan stres air untuk menyebabkan munculnya bunga di tabulampot jambu air. Apalagi jika tanaman jambu air disimpan di tempat yang hangat atau di tempat yang rendah, maka jumlah bunga dan buahnya semakin banyak. Terapkan stres saat tanaman berumur 1-2 tahun. Kurangi intensitas penyiraman dari empat hari sekali menjadi tujuh hari sekali. Jika tanaman terlihat kering, segera panen. Cara lain untuk mengatasi masalah air adalah dengan membungkus seluruh pohon dengan plastik putih.

Penyiraman secara teratur, pada cuaca kering disiram setiap hari baik pagi maupun sore hari, jika dilakukan pada sore hari dapat memperkuat tanaman dan merusak buah.

Tips Manjur Agar Tanaman Jambu Air Cepat Berbuah Lebat

Pemindahan dilakukan saat tanaman berumur satu tahun atau tanaman tumbuh lambat. Selain mengganti media, pemulihan juga dilakukan dengan memangkas akar dan mengeluarkan tanaman dari pot terlebih dahulu. Tanaman dimiringkan dan diletakkan di lantai atau di dinding dalam posisi tengkurap. Potong bagian bawah dan samping tanaman setebal 12 sampai 15 cm membentuk lingkaran dengan pisau, lalu masukkan kembali tanaman ke dalam pot.

Demikianlah ulasan tentang cara menanam jambu air dalam pot agar cepat berbuah, semoga informatif dan bermanfaat. Selain terkenal dengan keunikan buahnya, Sumatera Utara memiliki keunggulan lain tersendiri. ladang, yaitu charcuterie madu magwawa. Mungkin sebagian dari Anda tahu nama buah ini. Nah, buah yang satu ini merupakan buah yang populer di Sumatera Utara dan merupakan buah unggulan yang sudah masuk ke daerah lain di Indonesia. Berbeda dengan jambu air kebanyakan, jambu madu deli berukuran sangat besar. Hal terbaik dari jambu biji ini adalah memiliki rasa yang sangat ‘madu-manis’, sehingga tidak heran jika jambu ini dijuluki jambu madu.

Dari berbagai informasi yang kami temukan di lapangan, di Langkat, Sumatera Utara, banyak masyarakat yang menanam jambu madu di kebun dan pot. Namun, berkali-kali hasil yang didapat tidak bagus dan pada akhirnya banyak yang kecewa. Itulah yang sedang kami fokuskan saat ini, agar kita bisa keluar dari pembahasan ‘memelihara bunga’ tapi kita tetap pada topik pertanian sesuai dengan topik yang kita pilih, karena kalian yang punya tanaman jambu bisa segera. temukan jawaban kesuksesan di kebun jambu madu.

Perawatan Pohon Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Dari kebun madu yang gagal, 80% benih dari spesies burung yang tidak dirawat dengan baik dihasilkan. Kemudian, ketika lebah madu sudah siap untuk berbuah, sebagian besar bunga pada lebah madu akan berguguran dan gugur setelah beberapa minggu menjadi buah kecil. Oleh karena itu, jika anda ingin menanam tetes tebu ini di rumah/di kebun, anda harus berhati-hati dalam memilih bibit agar ketika berbuah setelah sekian lama, anda tidak akan menemukan hal-hal yang mengganggu seperti rasa pahit tetes tebu. , warna tidak hijau, warna buahnya putih, bahkan bentuk buahnya halus.

Cara Merawat Bunga Jambu Agar Tidak Rontok

Memelihara jambu biji dengan madu deli asli tidaklah sulit, asalkan Anda bersedia menyisihkan waktu minimal dua jam setiap hari, bisa dipastikan madu Anda akan menghasilkan buah sesuai dengan harapan Anda. Selain itu media tanam jambu juga tidak membutuhkan lahan yang luas, di halaman belakang rumah bisa digunakan untuk menanam jambu madu dengan teknik Tabulapot (Tanaman Buah Dalam Pot).

Untuk mendapatkan buah yang baik, pemilihan bibit merupakan hal yang paling penting. Anda harus pandai memilih bibit jambu biji yang berkualitas baik. Di Langkat, Sumatera Selatan, Anda bisa dengan mudah menemukan bibit jambu biji, sehingga Anda bisa membeli bibit madu dari sana.

Budidaya jambu biji dapat dilakukan dengan metode tabulapot, dan ini merupakan metode terbaik bagi petani jambu madu di Lankat. Kelebihan cara ini adalah tidak membutuhkan lahan yang luas (cukup untuk pekarangan rumah), pohon menjadi pendek, mudah perawatannya sehari-hari, dan memudahkan pemanenan. .

Setiap pohon jambu yang ditanam dipisahkan dengan jarak 2,5-3,0 meter, agar pertumbuhan pohon tidak terganggu.

Tips Jitu Untuk Membuat Jambu Air Cepat Berbuah Lebat

Sirami pohon pada pagi dan malam hari, tetapi jika cuaca sangat panas, intensitas penyiraman dapat ditingkatkan menjadi 3 atau 4 kali sehari. Penyiraman dapat dilakukan secara manual atau dengan irigasi tetes atau pompa otomatis.

Pemupukan dapat dilakukan seminggu sekali dengan campuran pupuk NPK dan pupuk kandang, namun jangan dilakukan pada pangkal batang. Namun jika sedang berbuah, intensitas penggunaan pupuk bisa ditingkatkan menjadi 2 kali per minggu.

Untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik juga diperlukan perlindungan terhadap serangga, salah satu cara yang efektif adalah dengan memasang kelambu untuk menghindari serangga perusak, seperti burung dan sejenisnya. Selain itu, Anda bisa membungkus buah jambu biji dengan madu di dalam plastik yang sudah dialasi kertas koran untuk menghindari cacing dan serangga perusak buah lainnya.

Perawatan Pohon Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Patut dikatakan bahwa buah jambu biji tidak mengenal musim. Buah jambu air dapat menghasilkan buah sepanjang tahun asalkan mendapatkan perawatan yang tepat. Jumlah yang bisa diperoleh per panen bisa mencapai 10 kg – 15 kg per pohon dengan tinggi 1,5 – 2 tahun sejak tanam. Namun, jika Anda mendapatkan batang madu dari stek atau stek, panen pertama Anda bisa lebih cepat. Jambu madu yang bisa dipanen adalah yang sudah matang sempurna di pohon, berwarna hijau dengan sedikit semburat kuning di salah satu sisinya.

Jenis Jambu Air Termanis, Punya Keunggulannya Masing Masing

Dari segi komersial, penanaman jambu biji menguntungkan. Hal ini dibuktikan dengan tingginya minat pasar terhadap buah jambu biji yang memiliki rasa yang sangat manis. Harga per kilogram madu mentah dengan rata-rata 5-7 buah sangat mahal, mulai Rp30.000-Rp60.000 tergantung jenisnya. Bahkan harganya bisa naik signifikan saat masuk ke pasar modern seperti pasar swalayan atau swalayan. Namun dari sisi ekonomi, pangsa pasar jambu deli mel masih sangat besar. Walaupun permintaan di kota masih jauh dari mencukupi, maka ini merupakan peluang bagus yang harus dimanfaatkan, jambu air selain memberikan rasa segar, merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai dan ternyata itu memiliki . banyak jenis dan peralatan.

) yang merupakan famili Myrtaceae atau kelompok labu kuning. Awalnya muncul di beberapa bagian Indonesia dan Indocina, telah menyebar ke Malaysia dan pulau-pulau.

Perawatan pohon durian agar cepat berbuah, pupuk untuk pohon jambu air agar cepat berbuah, cara membuat pohon jambu air cepat berbuah, cara supaya pohon jambu air cepat berbuah, cara perawatan pohon durian agar cepat berbuah, pohon jambu air berbuah lebat, perawatan pohon kelengkeng agar cepat berbuah, supaya pohon jambu air cepat berbuah, cara perawatan jambu air agar cepat berbuah, pohon jambu air biar cepat berbuah, perawatan pohon alpukat agar cepat berbuah, cara pohon jambu air cepat berbuah